Lihat ke Halaman Asli

Ini Rute MRT Jakarta Fase II dan Skema Pendanaannya

Diperbarui: 31 Oktober 2018   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rencana fase II dari Bundaran HI-Kampung Bandan dibangun dengan konstruksi bawah tanah. (Foto: PT MRT Jakarta)

Rencana pembangunan jalur MRT fase II sedang dalam persiapan. Ground breaking direncanakan sekitar awal Januari 2019. Seperti halnya fase I, pendanaan fase II juga berasal dari pinjaman JICA. Sedangkan fase berikutnya akan berasal dari skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha).

Pembangunan jalur MRT (mass rapid transit / moda raya terpadu) fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI) sudah mencapai 97,08%. Uji coba perjalanan kereta MRT pun sudah mulai dilakukan untuk memastikan kehandalan semua perangkat pendukungnya baik itu jalan rel, persinyalan, PSD (platform screen doors), keretanya itu sendiri serta sistem operasi yang nantinya terpusat dikendalikan oleh OCC (operation control center). 

Selain itu yang tidak boleh terlewati yaitu seluruhnya harus dilakukan pengujian pertama untuk sertifikasi oleh Ditjen Perkeretaapian, yang meliputi pengujian jalur KA dan bangunan, pengujian fasilitas operasi (sinyal, telekomunikasi dan listrik aliran atas), pengujian sarana kereta MRT, dan juga pengujian SDM perkeretaapian yang akan mengoperasikan, memeriksa dan merawatnya. Pada fase I ada 13 stasiun, 1 depo, dan 16 trainset/ rangkaian kereta MRT yang siap dioperasikan pada Maret 2019.

Progres konstruksi fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI. (Dok. PT MRT Jakarta)

Fase II koridor Bundaran HI-Kampung Bandan

Seiring akan beroperasinya fase I, saat ini juga sudah mulai dipersiapkan untuk pembangunan jalur MRT fase II dari Bundaran HI-Kampung Bandan sepanjang 8,3 kilometer (km) yang groundbreaking-nya akan dilakukan pada awal Januari 2019. 

Trase (jalur keretanya) akan dibangun dengan konstruksi bawah tanah (underground) di bawah jalan utama MH Thamrin, Medan Merdeka Barat, Gajah Mada dan Hayam Wuruk sampai ke Kampung Bandan. 

Adapun 8 stasiun yang akan dibangun yaitu Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, dan Kampung Bandan. Satu depo juga akan dibangun di Kampung Bandan untuk bisa menampung 14 trainset kereta MRT.

Rencana jalur MRT fase II Bundaran HI-Kampung Bandan. (Dok. PT MRT Jakarta)

Kontrak paket fase II dan cakupan pekerjaannya. (Dok. PT MRT Jakarta)

Diusulkan Lanjut Lebak Bulus ke Tangsel

Adalah usulan dari Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang berharap koridor MRT Jakarta tidak hanya sampai Lebak Bulus, namun berlanjut ke wilayah Tangerang Selatan. Usulan tersebut pun diakomodir oleh BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) yang semula dari Lebak Bulus akan dilanjut sampai Pondok Cabe. Dan PT MRT Jakarta diberikan tugas untuk melakukan pra feasibility study.

Penugasan kepada PT MRT Jakarta dari BPTJ. (Dok. PT MRT Jakarta)

Lini masa untuk koridor Lebak Bulus-Tangsel. (Dok. PT MRT Jakarta)

Koridor ke Tangerang Selatan yang diusulkan oleh BPTJ ada 10 stasiun MRT yaitu dari Lebak Bulus nantinya akan terhubung dengan stasiun: UMJ, UIN Syarif Hidayatullah, Pasar Ciputat, Pustekkom, Pondok Cabe, Pamulang Barat, Pondok Benda, Babakan, Puspitek, Rawa Buntu, dan Tangerang Kota. Ada usulan juga agar dari Tangerang Selatan, jalur MRT lanjut sampai Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Rencana trase/ jalur MRT Lebak Bulus-Tangsel yang dibuat oleh BPTJ. (Dok. PT MRT Jakarta)

Skema Pendanaan Fase II
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline