Lihat ke Halaman Asli

Amadhieaseva

mahasiswa

Kucing Kok Makan Kelinci, Emang Bisa?

Diperbarui: 8 Juni 2023   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumen pribadi

Kucing merupakan spesies mamalia karnivora kecil. Ini adalah satu-satunya spesies yang bisa dipelihara dalam keluarga Felidae, dan sering disebut sebagai kucing domestik untuk membedakannya dari jenis lain yang hidup liar. Seekor kucing bisa menjadi kucing rumah, kucing peternakan, atau kucing liar. 

Kucing memang dikenal sebagai hewan imut yang doyan berburu, hewan buranya pun bermacam-macam. Ada tikus, burung, kecoa, katak hingga kelinci. 

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kucing, yaitu kucing berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar), mempunyai kelenjar susu, sehingga menyusui anaknya, mempunyai 4 kaki, 2 depan dan 2 belakang, serta mempunyai cakar yang tajam dan digunakan untuk berburu dan melindungi diri. 

Kelinci adalah binatang herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuh- tumbuhan. Kelinci liar telah mengalami domestikasi. Spesies ini termasuk ordo Logomorpha yang menjadi jinak dan telah tersebar luas di seluruh dunia sebagai binatang piaraan dan hewan ternak

Sama halnya dengan kucing, kelinci merupakan hewan yang lucu, imut, dan menggemaskan. Kelinci hanya memakan rumput-rumputan, pelet khusus kelinci, serta buah segar maupun buah yang sudah dikeringkan. Tetapi kenapa seringkali kelinci diberi makan sayur kangkung padahal sebenarnya tidak boleh, karena kangkung merupakan makanan yang kerapkali diberikan untuk pakan kelinci, namun hal itu ternyata diduga berbahaya untuk kelinci. Karena kandungan serat yang kasar bisa berakibat menyulitkan pencernaan kelinci. 

Kelinci juga memiliki karakteristiknya sendiri, kelinci merupakan hewan vertebrata (memiliki tulang belakang), vivipar (berkembang biar dengan cara melahirkan), hewan herbivora, hewan nokturnal yang artinya aktif di malam hari,  kelinci bernafas dengan paru-paru, memiliki telinga yang panjang, gigi bagian depan yang panjang, kelinci juga memiliki kaki belakang yang kuat, kelinci adalah hewan yang mudah stress, kelinci dapat melahirkan 2040 bayi setiap tahunnya, dan kelinci tidak bisa muntah seperti hewan-hewan lain pada umumnya karena kelinci hanya memiliki usus tanpa lambung.

Ngomongin soal kelinci, apakah kucing bisa makan kelinci?

Kucing bisa saja menangkap dan memakan kelinci hidup-hidup. Hanya saja bukan kelinci yang dewasa berukuran besar, namun yang masih anakan. Karena jika kelinci dewasa, kucing akan sulit menangkapnya, akibat ukuran badan yang hampir sama atau malah lebih besar.

Sebenarnya ada juga sih, jenis kelinci yang meski sudah dewasa tapi ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, sehingga bisa ditangkap kucing dengan lebih mudah. Karena kucing masih menang ukuran badannya dari kelinci.

Ada banyak alasan mengapa kucing memakan kelinci. Alasan paling umum adalah mereka berburu predator, dan kelinci adalah sumber makanan yang baik. Alasan lain termasuk bahwa kelinci sakit atau terluka, atau telah mengganggu wilayah kucing. Ada beberapa alasan lainnya kenapa kucing memakan kelinci yang masih hidup. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline