Desa Kulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri (2/8/2023) -- Amabel Putri Ramadhani. Mahasiswi S1 Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro menyelenggarakan program monodisiplin " Pelatihan Digital Marketing UMKM " .
Kebutuhan masyarakat terhadap informasi yang semakin kompleks, media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran untuk mendukung aktivitas bisnis serta mempermudah dan memperkuat fungsi komunikasi kepada public.
Manfaat dari adanya pemasaran digital bagi pengusaha UMKM antara lain adalah dapat terhubung dengan mudah dengan konsumen secara online, konversi penjualan yang lebih tinggi bagi konsumen tertarget, biaya pemasarannya juga lebih hemat, dapat melayani konsumen secara real time serta potensi peningkatan daya jual bagi UMKM.
Minimnya pengetahuan para pemilik UMKM Desa Kulurejo ini, menginspirasi mahasiswa KKN Undip untuk memberikan pelatihan mengenai penggunaan platform digital marketing bagi peluang bisnis usaha. Pelatihan ini dilakukan di Balai Desa Kulurejo, yang dihadiri oleh beberapa warga pemilik UMKM di Desa Kulurejo yang tersebar di 6 Dusun.
Para pemilik UMKM Desa Kulurejo memiliki potensi yang tinggi untuk dapat dikembangkan lagi. Namun hal ini sedikit mengalami kendala dikarenakan para pemilik UMKM di desa ini sudah terbiasa dengan melakukan pemasaran produknya hanya melalui "kenalan" atau hanya dari mulut ke mulut, tanpa memanfaatkan media pemasaran lainnya. Pada dasarnya strategi pemasaran ini aman untuk dilakukan, namun jangkauan audiens nya tidak akan seluas apabila pemilik UMKM melakukan pemasaran produk melalui media digital marketing.
Dengan adanya permasalahan ini, maka kami mahasiswa KKN Undip memberi pelatihan guna meningkatkan kesadaran bahwa peran media digital marketing juga perlu dipertimbangkan untuk memperluas pemasaran produk UMKM yang mereka miliki. Pelatihan yang kami lakukan seputar pembuatan akun UMKM dalam media sosial dan bagaimana cara yang baik untuk mengelola konten didalamnya supaya menarik dan dapat terus meningkatkan penjualan yang dilakukan. Tidak hanya itu, kami juga memaparkan dan memberi contoh-contoh dari keuntungan serta keefektifan yang dapat kita raih apabila kita menggunakan platform media digital untuk melakukan pemasaran produk.
Apabila pemilik UMKM dapat memahami pentingnya digital marketing bagi peluang bisnis usaha, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan platform digital marketing sebagai sarana untuk mengembangkan bisnisnya, serta memaksimalkan penggunaan akun digital marketing yang sudah ada.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H