Lihat ke Halaman Asli

Cerita Sedih Anak CI+BI Indonesia...

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

28 Januari 2011....

seorang sahabat menelpon saya...cerita tntang keadaan dua anak CI+BI....yang menjadi korban "kekerasan psikologis" dari gurunya...

Karakteristiknya sebagai anak CI+BI tak dikenali orang tua maupun gurunya..sehingga ia dicap sebagai anak nakal, pembangkang, gak bisa dibilangin...dan sederet label negatif...

mereka wanita yang cantik2....sekolah di jenjang SMP..bersekolah di biasa,bukan khusus untuk anak cI+BI (krna sampai skarang ini belum skolah khusus untuk mereka)..

dalam proses pembelajaran,mereka sering mangkir atau mengusili teman2nya karena situasi pembelajaran yang dianggap membosankan, repetitif, mengajarkan hal-hal yang tidak perlu....kadang mereka sudah cepat memahami pelajaran itu. karna guru tidak segera memberi materi untuk mereka...inilah yang kemudian membuat mereka melakukan hal-hal yang dianggap menganggu kedisiplinan di kelas...

krna sering mendapat omelan dari guru dan sperti dimusuhi oleh teman2nya...kedua anak ini memilih untuk tidak masuk sekolah...kondisi ini tntu saja mmbuat orang tua mereka kebingungan dan panik...mereka sudah mencoba memindahkan putrinya ke sekolah lain..tapi penerimaan yang diterima anak tersebut..tidak berbeda dengan sekolah sbelumnya...bhakan sempat tidak diterima di sebuah sekolah...karena ada catatan dari sekolah mereka tinggalkan.

kedua anak ini sangat cerdas...meskipun mereka jarang sekolah...tapi ketika ulangan, nilai mereka bagus....TAPI....yang mereka dapatkan bukan apresiasi....tapi justru tuduhan menyakitkan dengan kata2: "KALIAN MENYONTEK YA..."

padahal mereka tidak menyontek. anak CI+BI ada yang memiliki penalaran intutif. yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah dalam belajar yang mengandalkan intuisi tanpa melawati langkah kerja yang umum (Krutetskii, 1976). Penalaran semacam ini sering digunakan ketika mengerjakan soal matematika atau fisika. anak CI+BI seperti ini seringkali dapat menunjukkan hasil yang tepat tanpa menjelaskan langkah demi langkah pengerjaan secara terperinci.

tuduhan dari guru sangat menyakitkan bagi mereka,sehingga kini mereka betul2 sudah tak mau sekolah...

sehari-hari mereka akhirnya hanya mengurung dirinya di kamar, tak mau berinteraksi dengan orang lain, tidak mau makan, bdan merka mulai kurus... bahkan salahsatu diantaranya ini bunuh diri...

seharusnya guru tidak menunjukkan sikap sperti itu...kalau memang meragukan kemampuan siswa atas jawabannya. guru bisa meminta siswa itu ke depan kelas, untuk menjelaskan kepada guru dan teman2nya tentang cara mengerjakan soal tersebut. melalui proses ini, guru bisa melihat kemmpuan anak, dan bukan tidak mungkin guru jdi belajar hal-hal baru. di lapangan (maksudnya di sekolah)... sering  guru mengajarkan hal-hal sudah out of date, miskonsep, menjawb soal hanya mengacu pada kunci...akibatnya siswa sering jadi korban...

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline