Lihat ke Halaman Asli

Negeri Para Pengecut

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Jangan Pak, saya takut. Saya gak mau ketemu dia lagi," jawab Bunga (bukan nama sebenarnya) saat itu, salah satu karyawati di tempat saya pernah bekerja.

"Tapi saya harus menindaklanjuti laporan ini dengan mempertemukan kalian. Kecuali ada saksi yang bisa memperkuat tuduhan kamu," jelas saya ketika itu. Bunga melaporkan pelecehan seksual yang dilakukan salah satu rekan kerjanya, keduanya teman sekantor saya waktu itu. Saya sebagai HRD tentunya memiliki kekuatan untuk mengusut laporan tersebut dan mengambil tindakan tegas, namun karena Bunga ketika itu tidak bersedia dikonfrontasi dengan pelaku, akhirnya kasusnya menggantung.

Bunga pun mengundurkan diri dari perusahaan, sementara si pelaku, mendapat pengawasan ekstra dari saya hingga kontraknya berakhir dan tidak saya perpanjang.

Di lain waktu, salah satu vendor penyedia barang elektronik tempat saya pernah bekerja, mengadukan tindakan beberapa oknum purchasing yang meminta komisi padanya, bila mau terus dapat order dari kantor.

Karena sistem di kantor saya ketika itu mengharamkan karyawan meminta (bahkan menerima) komisi dari vendor, segeralah saya usut lebih lanjut dan meminta vendor tersebut menyebutkan nama.

"Nggak deh Pak, saya gak mau kasusnya diperpanjang, karena saya gak punya bukti apapun. Nanti malah saya yang dituduh balik dan dikatakan sakit hati karena sudah lama gak dapet order," hindar dia ketika itu.

Akhirnya, walau saya dapat mengira-ngira siapa pelakunya (karena jumlah SDM purchasing cuma sedikit), tapi tidak bersedianya pelapor untuk bersaksi dan nantinya dikonfrontasi dengan pelaku, membuat kasus itu lagi-lagi menggantung.

Namun berdasar laporan itu saya kemudian berusaha memperbaiki sistem pemesanan dan pembelian barang, untuk meminimalisasi kemungkinan permintaan komisi kepada vendor.

Berkaca pada dua kasus di atas, hati saya membatin, apakah penduduk negeri ini telah mulai kehilangan keberanian membela kebenaran? Ketika menerima perlakuan tidak adil atau bahkan zalim, mereka hanya bisa kasak-kusuk di belakang sementara di depan seolah ikhlas menerima.

Bisa jadi kedua orang yang melapor kepada saya di atas, mencerminkan sebuah potret yang lebih besar tentang fenomena kepengecutan di negeri ini.

Ketika seorang Siami melaporkan praktik nyontek massal di sekolah anaknya, ternyata bukannya mendapat dukungan, malah keluarga Siami diusir dari kampungnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline