Lihat ke Halaman Asli

Alyuni

Guru

Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mata Pelajaran Biologi Peserta Didik dengan Menggunkan Problem Based Learning

Diperbarui: 31 Desember 2023   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hasil analisis Observasi

Problem based learning adalah model pembelajaran berbasis masalah, yaitu suatu pendekatan yang di dalamnya terdapat serangkaian pembelajaran yang prosesnya dimulai dari adanya permasalah kemudian dipelajari untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan. Ciri khas dari problem based learning adalah melibatkan adanya instruktur atau pendidik dalam setiap penerapannya.

Adapun pengertian lainnya, merujuk dari Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (2020), problem based learning adalah metode pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mendapatkan ilmu baru dari analisis berbagai pengetahuan dan pengalaman belajar yang dimiliki, serta menghubungkannya dengan permasalahan belajar yang diberikan guru.

Pembelajaran dengan pendekatan siswa untuk melakukan analisis dan evaluasi pada masalah yang harus dihadapi. Mereka akan dilatih untuk menyelesaikan masalah serta mendapatkan pengetahuan dari pengalaman tersebut.

Sebagai bentuk pembelajaran aktif, problem based learning (PBL) mampu mendorong pengetahuan dan mengintegrasikan pembelajaran di institusi pendidikan dengan dinamika kehidupan nyata. Dengan begitu, peserta didik dapat belajar bagaimana mengembangkan pengetahuan yang fleksibel dan meningkatkan pengetahuannya sendiri, keterampilan pemecahan masalah, memperoleh motivasi secara intrinsik, bertukar ide, dan berkolaborasi.

Problem based learning dapat meningkatkan keaktifam siswa dan keterampilan literasi siswa dikarenakan adanya sintak-sintak yang dapat diterapkan kepada peserta didik. Sintak-sintak tersebut adalah:

1) orientasi siswa pada masalah, peserta didik akan dihadapkan dengan suatu masalah yang telah disediakan oleh guru untuk diselesaikan para peserta didik.

2) mengorganisasi siswa untuk belajar, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan kegiatan berkelompok bersama.

3) membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, peserta didik dapat melakukan kegiatan diskusi bersama dan dapat menggunakan berbagai sumber untuk mendukung kegiatan diskusi tersebut.

4) mengembangkan dan menyajikan hasil, peserta didik akan melakukan presentasi di dalam kelas dan melakukan kegiatan tanya jawab dengan kelompok lain.

5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, guru akan membenarkan beberapa hal yang masih harus diluruskan kepada para peserta didik.

Dalam pembelajaran biologi, cukup banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran, terlebih dalam pembelajaran biologi, peserta didik diwajibkan untuk lebih mandiri. Problem based Learning merupakan salah satu solusi dalam membantu peserta didik untuk lebih mandiri terlebih dalam keterampilan literasi peserta didik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline