Lihat ke Halaman Asli

Alyssa Alexandra

Universitas Diponegoro

Edukasi Strategi Pemasaran Marketing Mix 4P dan Analisis STP oleh Mahasiswi KKN UNDIP untuk Mengoptimalkan Pemasaran Produk UMKM Tanjung Riau

Diperbarui: 14 Agustus 2022   02:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tanjung Riau, Batam (12/08/2022) -- Untuk meningkatkan pendapatan usaha, diperlukan penerapan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memperluas pangsa pasar. Untuk mendukung upaya tersebut, Alyssa Alexandra selaku mahasiswi Fakultas Teknik, Teknik Industri, dari KKN Tim II Universitas Diponegoro, melakukan sosialisasi dan edukasi terkait "Konsep Marketing Mix 4P dan Analisis STP" untuk mengoptimalkan pemasaran produk UMKM di Kampung Tua, Tanjung Riau.

Strategi pemasaran Marketing Mix 4P (Product, Place, Price, Promotion) adalah elemen kontrol terintegrasi yang dirancang perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaran. Elemen 4P tersebut saling berintegrasi seperti nama baik produk yang ditawarkan,  keterjangkauan harga, kemudahan askses untuk memperoleh produk, serta kegencaran promosi yang diterapkan dapat berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning) adalah strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk melakukan pembedaan produk agar memenuhi kebutuhan konsumen sesuai kelompok pasar yang telah ditentukan.

Edukasi strategi pemasaran ini dilakukan dengan sistem door to door ke UMKM di Kampung Tua, Tanjung Riau. Sosialisasi dan edukasi dilakukan dengan media poster yang menjelaskan tentang "Konsep Elemen 4P Marketing Mix dan Analisis STP". Selain itu, juga dilakukan pemasangan poster agar dapat diakses oleh pelaku usaha lainnya.

Pemberian sosialisasi dan edukasi yang telah dilakukan diharapkan dapat menambah pengetahuan serta wawasan kepada pelaku usaha agar dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, pelaku usaha dapat bersaing dengan UMKM lainnya. Sehingga, upaya pengembangan UMKM tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Penulis  : Alyssa Alexandra

DPL        : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.

Lokasi   : Kampung Tua, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline