Lihat ke Halaman Asli

Teladan dari BJ Habibie

Diperbarui: 12 April 2016   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Acara tayangan televisi Mata Najwa kembali mengundang tokoh nasional dengan menghadirkan mantan Presiden Republik Indonesia yang ketiga yaitu BJ Habibie. Pada acara itu Najwa Shihab berhasil menggali informasi tentang berbagai hal pada jaman kepemimpinan BJ Habibie yang terbilang cukup singkat. Selama kepemimpinannya itu lahir beberapa keputusan mengejutkan termasuk diantaranya referendum terhadap Timor Timur dan banyak tahanan politik yang ketika jaman Habibie dibebaskan.

Hal menarik adalah ketika Najwa Shihab meminta pendapat dari Anies Baswedan tentang apa yang bisa diteladani dari sosok BJ Habibie. Yang dapat diteladani dari Habibie menurut Anies Baswedan adalah Habibie sangat produktif dalam melahirkan Undang-undang dan Perpu. Semua undang-undang tersebut berintikan member fondasi pada tegaknya demokrasi. Yang kedua, setelah tidak menjadi presiden, Habibie memilih menjadi negarawan dan tidak ikut lagi pada urusan politik. Ketiga, pemikirannya visioner termasuk ide Habibie untuk membentuk Badan Pengelola Industri Strategis yang kemudian dibubarkan.

Mungkin satu lagi sifat Habibie yang perlu diteladani adalah cintanya yang begitu besar cinta dan kesetiaannya pada sang isteri Ainun. Ketika ditanya oleh Najwa  Shihab apakah sampai saat ini ia masih patah hati, Habibie mengatakan dengan mata berkaca-kaca bahwa ia yakin bahwa sampai saat ini Ainun masih bersamanya. Lalu ia mengenakan selendang milik Ainun di lehernya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline