Lihat ke Halaman Asli

ALYA RYANTI

Mahasiswi S1 Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang.

Peran Magang dalam Mempersiapkan Karier Profesional

Diperbarui: 26 Juni 2024   23:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com/Fox

Kegiatan belajar di kelas saja tidak cukup untuk memahami bagaimana dunia kerja sesungguhnya. Magang menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk dapat memahami lebih lanjut bidang yang akan digeluti setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Dengan adanya kegiatan magang, mahasiswa dapat secara langsung menerapkan ilmu yang telah dipelajari sekaligus mendapatkan ilmu baru yang tidak bisa didapat selama belajar di kelas.

Program magang penting dalam mempersiapkan karier, khususnya bagi mahasiswa. Saat ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memiliki program magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) MSIB (Magang dan Studi Independen Bersitifikat) yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Selain program magang ini, perguruan tinggi biasanya menyediakan program magang mandiri untuk mendukung persiapan jenjang karier mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa dapat dengan maksimal mempersiapkan kariernya di masa yang akan datang.

Selain memberikan manfaat kepada mahasiswa, program magang pun memberikan manfaat bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaat magang bagi perusahaan:

1. Kontribusi Tenaga Kerja Tambahan

Dengan adanya program magang, perusahaan mendapatkan sumber daya manusia (SDM) baru yang dapat membantu dalam projek-projek perusahaan, sehingga projek-projek tersebut dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan efisien.

2. Identifikasi Bakat

Program magang memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menilai kinerja peserta magang dalam situasi kerja nyata. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melihat kemampuan, etos kerja, dan kecocokan budaya peserta magang. Peserta magang dengan kinerja unggul sering kali ditawari kesempatan untuk menjadi karyawan, sehingga proses rekruitmen menjadi lebih cepat dan murah.

3. Pembaharuan Ide

Peserta magang sering kali membawa ide-ide segar dan perspektif baru yang bisa merangsang inovasi di dalam perusahaan. Mereka bisa memperkenalkan cara-cara baru dalam menyelesaikan masalah atau mengoptimalkan proses yang ada.

Adapun manfaat magang bagi mahasiswa sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline