Lihat ke Halaman Asli

Alya Dwiyanti

Mahasiswa

KORUPSI YANG TERJADI DI NEGARA INDONESIA

Diperbarui: 30 November 2023   18:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Korupsi merupakan suatu tindakan yang mana seseorang telah menyalahgunakan uang negara secara diam-diam untuk kepentingan pribadi atau kepentingan lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan negara. Hal ini semakin marak terjadi di Indonesia, maka akan berdampak sangat besar bagi negara Indonesia dan hal itu akan membuat negara Indonesia terganggu dalam perekonominya. Jika ekonomi terganggu, maka kehidupan di dalam negara tersebut juga akan sangat terancam.

Korupsi merupakan salah satu tindakan menyimpang yang marak terjadi di Indonesia. Tindakan ini bukan hanya melanggar aturan negara tetapi juga telah melanggar prinsip terhadap Pancasila. Dengan menyimpangnya tindakan terhadap Pancasila hal tersebut akan membuat cita-cita yang telah didambakan oleh negara dan bangsa lama kelamaan akan menjadi hancur. Maka dari itu dengan kita melakukan tindakan korupsi  sama saja kita  telah menghancurkan ideologi dan prinsip Pancasila yang telah susah payah dibuat oleh pendiri bangsa yang berjuang secara mati-matian.

Kasus korupsi terjadi kembali, kali ini terjadi pada mantan direktur PT Sulawesi Barat Malaqbi (SBM) berinisial AR ditetapkan tersangka dugaan korupsi dan penyertaan modal yang bersumber dari pemerintah provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Perbuatan AR mengakibatkan negara mengalami kerugian sebesar Rp. 867 juta. "Penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat telah menetapkan satu orang tersangka dugaan indak pidana korupsi penyalahgunaan dana penyertaan modal PT Sulawesi Barat Malaqbi (Perseroda)," ujar Kasi Penkum Kejati Sulbar A Absen kepada wartawan, Kamis (23/11/2023).

Absen menambahkan saat ini tersangka ditahan di Rutan Kelas IIB Mamuju selama 20 hari ke depan. AR dijerat psal 2 ayat (1) subs pasal 3 Jo. Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca artikel detiksulsel, "Eks Direktur PT SBM Jadi Tersangka Korupsi Dana Penyertaan Modal Rp 867 Juta" selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/hukum-dan-kriminal/d-7052748/eks-direktur-pt-sbm-jadi-tersangka-korupsi-dana-penyertaan-modal-rp-867-juta.

Kasus tersebut dapat membuktikan bahwa bahwa dana yang diberikan oleh pemerintah sangat rentan terjadi korupsi. Keterlibatan mantan Direktur PT Sulawesi Barat Malaqbi (SBM) sebagai pelaku masih belum bisa melaksanakan jabatannya secara maksimal sebagai direktur. Dan dimana, direktur tersebut harus menerapkan prinsip pemerintahan yang professional,bersih,efektif dan efisien.

Maka dari itu kita sebagai mahasiswa didalam masyarakat berperan penting yaitu sebagai kontrol sosial. Mahasiswa dapat memberikan bimbingan serta penyuluhan kepada masyarakat baik pada saat melakukan kuliah kerja nyata (KKN) mengenai masalah korupsi dan mendorong masyarakat untuk berani melaporkan adanya korupsi pada pihak yang berwenang. Mahasiswa juga dapat melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam upaya penegakan hukum terhadap pelaku korupsi. Selain itu, mahasiswa dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan ketentuan dan peraturan yang adil dan berpihak pada rakyat banyak, sekaligus mengkritisi peraturan yang tidak adil dan tidak berpihak pada masyarakat.

Dari penjabaran tersebut kita dapat mengetahui bahwa tindakan korupsi merupakan tindakan yang sangat fatal bagi negara, terutama tindakan korupsi juga telah melanggar dan menyimpang dari nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila tersebut. Dengan menyimpangnya tindakan korupsi terhadap nilai-nilai luhur Pancasila itu menyebabkan kondisi negara kita semakin bertambah buruk dan banyaknya terjadi kegaduhan yang sangat parah. Maka dari itu, kita haruslah melakukan segala sesuatu sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, terutama bagi para pejabat agar ketika melakukan sesuatu tidak menimbulkan penyimpangan-penyimpangan yang berdampak buruk bagi negara Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline