Seperti yang kita ketahui, Islam adalah agama yang teratur dan jelas. Allah telah mengatur hal-hal yang halal dan yang haram secara terperinci. Dan di antara ke dua hukum tersebut, terdapat pula perkara atau hal-hal yang masih samar-samar atau syubhat, dimana manusia telah diperintahkan untuk menjauhinya. Perkara halal, haram dan syubhat sendiri, telah banyak dijabarkan penjelasannya oleh para ulama, yang berpegang pada hadits:
إِنَّ الْحَلاَلَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا مُشْتَبِهَاتٌ لاَ يَعْلَمُهُنَّ كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِى الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِى الْحَرَامِ كَالرَّاعِى يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيهِ أَلاَ وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلاَ وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ
"Sesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram pun jelas. Di antara keduanya terdapat perkara syubhat -yang masih samar- yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Barangsiapa yang menghindarkan diri dari perkara syubhat, maka ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka ia bisa terjatuh pada perkara haram. Sebagaimana ada pengembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar tanah larangan yang hampir menjerumuskannya. Ketahuilah, setiap raja memiliki tanah larangan dan tanah larangan Allah di bumi ini adalah perkara-perkara yang diharamkan-Nya." (HR. Bukhari no. 2051 dan Muslim no. 1599)
Dari hadits di atas, terdapat inti yang memaparkan tiga hukum, yaitu halal, haram dan sunnah. Sedangkan Syaikh Sa'ad bin Nashir Asy Syatsri dalam Syarh Al Arba'in An Nawiyah Al Mukhtashor, hal. 64 menjelaskan/memaparkan empat inti permasalahan atau problema, yaitu:
1. Yang memiliki dalil bolehnya suatu perkara, maka boleh diamalkan dalil bolehnya.
2. Yang memiliki dalil pengharaman suatu perkara, maka perkara tersebut dijauhi demi mengamalkan dalil larangan.
3. Yang terdapat dalil boleh dan haramnya sekaligus. Maka inilah masalah mutasyabih (yang masih samar). Menurut mayoritas ulama, yang dimenangkan adalah pengharamannya.
4. Yang tidak terdapat dalil boleh, juga tidak terdapat dalil larangan, maka ini kembali ke kaedah hukum asal. Hukum asal ibadah adalah haram. Sedangkan dalam masalah adat dan muamalah adalah halal dan boleh.
Syaikh Sa'ad Asy Syatsri dalam Syarh Al Arba'in An Nawawiyah, hal. 65 menjelaskan: "kesamaran (perkara syubhat) bisa saja terjadi pada perselisihan ulama. Hal ini ditinjau dari keadaan orang awam. Namun kaedah syar'iyah yang wajib bagi orang awam untuk mengamalkannya ketika menghadapi perselisihan para ulama setelah ia meneliti dan mengkaji adalah ia kuatkan pendapat-pendapat yang ada sesuai dengan ilmu dan kewara'an, juga ia bisa memilih pendapat yang dipilih oleh mayoritas ulama. Karena pendapat kebanyakan ulama itu lebih dekat karena seperti syari'at. Dan perkataan orang yang lebih berilmu itu lebih dekat pada kebenaran karena bisa dinilai sebagai syari'at. Begitu pula perkataan ulama yang lebih wara', itu lebih baik diikuti karena serupa dengan syari'at.
Syaikh Sholih Al Fauzan mengatakan, "Sebagaimana pengembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar tanah larangan yang hampir menjerumuskannya, maka demikian pula manusia. Ia tidak mampu mengendalikan dirinya dari terjerumus pada keharaman jika hal itu masih syubhat (hukumnya samar). Permisalan yang Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam sampaikan dalam hadits ini adalah permisalan yang begitu jelas dan mudah dicerna. Hadits ini menunjukkan wajibnya kita menjauhi perkara syubhat supaya tidak membuat kita terjatuh pada keharaman." (Al Minhah Ar Robbaniyah fii Syarh Al Arba'in An Nawawiyah, hal. 108).
Keutamaan Sikap Wara'