A. Pengertian
Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang dibuat untuk tujuan melamar sebuah posisi pekerjaan, surat lamaran ini kemudian nantinya akan diserahkan ke perusahaan atau instansi yang diinginkan oleh si pelamar. Tentunya, surat lamaran pekerjaan perlu ditulis dengan susunan yang baik dan tepat, hal ini berguna agar surat lamaran mudah dibaca dan pihak manajer HRD bisa menilai tingkat profesionalitas seorang pelamar untuk pertama kalinya dengan bagaimana mereka menyusun surat lamaran pekerjaan tersebut.
B. Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dan menggunakan sistematika surat lamaran pekerjaan pada umumnya. Berikut di bawah ini adalah susunan sistematika untuk surat lamaran pekerjaan.
1. Menyertakan tempat dan tanggal kapan surat dibuat di pojok atas kanan Surat.
2. Lampiran untuk berapa lembar berkas yang disisipkan dan Hal untuk keterangan surat.
3. Alamat surat yang dituju (perusahaan/instansi).
4. Salam pembuka yaitu dengan kalimat 'Dengan hormat'
5. Alinea pembuka dalam paragraf.
6. Isi surat (isi surat berisikan identitas diri yang wajib tertera)
7. Penutup dan Salam Penutup.
8. TTD pelamar.
Berikut adalah Surat Lamaran Pekerjaan yang benar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H