Lihat ke Halaman Asli

Alya Rahma

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Himavo Akmapesa Menyelenggarakan Sosialisasi P2MD Pengolahan Jambu Kristal di Desa Bantarjaya

Diperbarui: 30 Juli 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

P2MD Himavo Akmapesa IPB (Dokpri)

Desa Bantarjaya, Kabupaten Bogor - Pada hari Sabtu, 29 Juli 2023, Desa Bantarjaya menyelenggarakan acara sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) dengan judul kegiatan "Pengolahan Jambu Kristal Menjadi Produk Asinan Untuk Menjaga Stabilitas Harga Di Desa Bantarjaya". Acara ini bertujuan untuk mendorong masyarakat setempat untuk aktif dalam mengolah jambu kristal menjadi asinan yang memiliki nilai tambah.

Pada acara sosialisasi, Sesar Husen Santosa, M.M., S.T.P., pembina Himavo Akmapesa, menyampaikan harapannya dalam sosialisasi P2MD untuk berkolaborasi dengan pihak desa dan memberikan nilai tambah melalui produk unggulan. Beliau berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat di Desa Bantarjaya.

Pihak desa, yang diwakili sekretariat desa Abdul Rachman Wahid menyambut baik kehadiran tim dari Sekolah Vokasi IPB University. "Kami sangat mengapresiasi atas kegiatan proposal yang dibawa dan berharap produk yang dihasilkan dari kegiatan P2MD ini dapat menjadi oleh-oleh unggulan yang dapat dijual di desa wisata, sehingga dapat menjadi salah satu keunggulan desa." ujar Wahid.

Nur Susilawati salah satu peserta acara sosialisasi selaku warga desa sekaligus seorang petani jambu kristal, bertanya mengenai apakah acara ini hanya sosialisasi atau juga akan mengolah jambu menjadi produk lain seperti selai, dodol, atau sirup. Ketua P2MD Himavo Akmapesa, Fatwa Guntur Ibra memberikan penjelasan bahwa saat ini memang hanya dilakukan sosialisasi, namun akan ada rencana lebih lanjut untuk mengolah jambu kristal menjadi produk turunan lainnya di kesempatan yang akan datang.

Dalam pemaparannya, Ibra dan Chintya memberikan konsep detail dari P2MD Himavo Akmapesa yang akan diimplementasikan di masa mendatang. Pertanyaan mengenai roadmap yang kemudian dijelaskan lebih lanjut agar semua hadirin memahami lebih baik tentang langkah-langkah yang akan diambil dalam program ini.

Kegiatan sosialisasi P2MD ini diakhiri dengan pengisian formulir bagi warga yang berminat untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Semangat masyarakat Desa Bantarjaya dalam mendukung program ini diharapkan dapat mewujudkan pengolahan jambu kristal menjadi asinan yang sukses dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat desa. Acara ditutup dengan prosesi pemotongan pita sebagai tanda dibukanya P2MD Himavo Akmapesa dan pembacaan doa yang dipimpin oleh panitia pelaksana, Ahmad Zaelani sebagai ungkapan rasa syukur dan harapan agar program P2MD ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat setempat. 

Kantor desa Bantarjaya, Kab.Bogor  (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline