Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPI 2022: Penerapan Budaya Tolong Menolong Sesuai Ajaran Agama Melalui Kegiatan Jumat Berkah

Diperbarui: 4 Agustus 2022   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama ibu-ibu Majelis Talim RT 02. Negla

Bandung, 4 Agustus 2022 -- Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata 2022 (KKN). Berdasarkan informasi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI, KKN Tematik 2022 diikuti oleh  7.200 mahasiswa dengan pelaksanaan kegiatan 11 Juli sampai dengan 10 Agustus 2022. Tujuan dilaksanakannya KKN ini sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melakukan pengabdian pada masyarakat.Dua puluh tujuh orang mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 23 melaksanakan program kerja dengan tema "Desa Tanggap Budaya" di Desa Negla yang tersebar di RT 02, RT 04, dan RT 05, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Kelompok besar kemudian dibagi menjadi tiga kelompok kecil yang beranggotakan sembilan orang mahasiswa, disebar ke 3 RT yaitu RT 02, RT 04, dan RT 06. RT 02 Desa Negla menjadi garapan kelompok kecil 1 yang beranggotakan Alifia (Pendidikan Bahasa Korea 2019), Alya (Kimia 2020/Penulis), Amira (Pendidikan Pariwisata 2019), Amel (Perpustakaan dan Informasi 2019), M. Fazrin (Pendidikan Bisnis 2019), Shifwa (Pendidikan Agama Islam 2019), Sofika (Teknologi Pendidikan 2019), dan Rizki Aulia (Pendidikan Seni Tari 2019).

Persiapan Jumat Berkah (Mengemas makanan)

Salah satu program kerja yang diusung adalah "Jumat Berkah" yang didasarkan pada tolong menolong sesuai dengan ajaran agama. Jumat Berkah berupa kegiatan berbagi makanan setiap hari Jumat.  Kegiatan Jumat Berkah terus rutin dilaksanakan tanggal 15, 22, dan 29 Agustus 2022 di Masjid Al-Ikhlas RT 02, Desa Negla.

Sasaran utama dari program kerja ini adalah anak-anak yang mengikuti sholat Jumat di Masjid Al-Ikhlas. Akan tetapi, selain berbagi untuk anak-anak, kelompok kecil 1 pun membantu ibu-ibu di wilayah RT 02 untuk menyiapkan makanan Jumat Berkah untuk dibagikan kepada orang dewasa (selain anak-anak). Jadi baik orang dewasa ataupun anak-anak mendapatkan makanan dari Jumat Berkah ini.

Kebiasaan lahir dari hal kecil. Tujuan diadakannya program kerja Jumat Berkah ini selain untuk berbagi adalah untuk meningkatkan motivasi anak-anak untuk terus menunaikan Sholat Jumat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline