Lihat ke Halaman Asli

Nur Cahyo

HRD Koplak

(Curhat HRD Koplak) Cara Ngakalin Mesin Absensi di Kantor (Buat yang Doyan Telat)

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Susah bangun pagi ? Sering telat masuk kantor ? Coba kita analisa sebab utamanya. Sebab utamanya adalah diciptakannya MESIN ABSENSI di kantor. Siapa sih yang norak-noraknya nyiptain benda kayak gituan ?

Coba nggak ada mesin absensi kantor, pasti sah-sah aja kan kalau kita bangun siang dan telat ke kantor. Apalagi setelah dikenal yang namanya mesin absen finger print alias sidik jari. Dari hasil nanya mbah Google ternyata mesin absensi finger print mulai dikenal tahun 1997, tidak ada nama penciptanya. Mungkin takut diomongin karyawan yang hobi telat.

Buat Kompasianer yang doyan bangun siang dan telat ke kantor, Sssttt Bang HRD punya bocoran nih cara-cara ngakalin mesin absensi kantor, biar anda nggak bermasalah dengan absensi dan dipanggil HRD.

Silakan dipilih cara-cara ngakalin mesin absensi kantoryang sesuai buat anda, plus resiko-resikonya ya :



  1. Pacarin HRD yang setting mesin absen;

    Cara ini dijamin manjur 100%. Kalau HRD-nya bapak-bapak gendut berkumis atau emak-emak rempong itu risiko ya, yang penting tujuan tercapai kan. Kalau telat, minta HRD yang anda pacarin buat ngerubah. Kalau mau lebih manjur lagi, kawinin sekalian HRD-nya.

    Resiko : #Pasangan hidup tak sesuai selera.


  2. Pasang tenda disebelah mesin absensi

    Pasti nggak akan gagal cara ini. Jangan lupa bawa kompor parafin, jam weker sama sleeping bag, biar nyaman. Dijamin besok paginya anda nggak akan berurusan dengan kata telat.

    Resiko : # Minimal Digigitin nyamuk, maksimal dimutasi jadi kepala regu Security.


  3. Tutup mesin absensi pakai karung goni

    Selain ditutup pakai karung goni, tambahkan tulisan “mesin absensinya lagi flu, nggak bisa kerja” semoga karyawan-karyawan pada maklum dan nggak pakai mesin absen itu, jadinya hari itu nggak ada yang bisa absensi kan. Amaan.

    Resiko : #Kalau ketahuan HRD, bisa-bisa karung goninya pindah ke muka anda.


  4. Olesin mesin absensi Finger Print pakai upil

    Cara ini dijamin pasti manjur karena orang sekantor nggak akan ada yang berani absen gara-gara ada benda ajaib di mesin absensi. Pastikan nggak ada yang mengenali kalau itu adalah upil anda.

    Resiko : # PHK Tanpa pesangon.


  5. Bawa Pulang Mesin Absensi

    Cara ini juga dijamin jitu, dijamin anda nggak akan telat buat absen. Cuma pikirin cara yang paling tepat ngegondol tuh mesin absen ngelewatin pemeriksaan satpam.

    Risiko : # Digebuk dan ditelanjangi Security terus dipajang di lobby seminggu.


  6. Buka kantor sendiri

    Buka kantor sendiri terus setting waktu di mesin absensi kita sendiri sesuai keinginan, karyawannya ya kita sendiri. Ini memang cara paling dhasyat. Namanya Wirausaha cuy.

    Risiko : #Bisa ngatur keuangan dan waktu kerja sendiri.

Nah anda pilih cara yang mana ? Atau punya cara lain buat ngakalin mesin absensi di kantor ? Yang paling ideal sih anda harus atur waktu tidur anda supaya besoknya bisa datang on time ke kantor. Namanya itu karyawan teladan. Susah juga ? Pilih cara nomor 6.

NANTIKAN CURHAT HRD KOPLAK EDISI SELANJUTNYA.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline