Lihat ke Halaman Asli

Ardi

Emas Kemilau

Pengembangan Silabus, RPP, PROTA dan PROSEM

Diperbarui: 13 Juli 2024   18:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa IAI DDI Sidenreng Rappang

Penulis: Muh. As'ad
NPM.0229210039
Mahasiswa Program Studi PAI IAI DDI Sidrap

PENGEMBANGAN SILABUS, RPP, PROTA DAN PROSEM

           Silabus atau juga dikenal dengan sistem informasi kurikulum merupakan rencana pembelajaran yang meliputi tujuan pembelajaran, garis besar materi ajar, metode ajar dan juga penilaian yang hendak dilakukan dalam suatu program pendidikan. Rencana pelaksanaan pembelajaran atau biasa disingkat dengan RPP adalah suatu rencana rinci yang menjelaskan tentang bagaimana proses pembelajaran akan dilakukan baik itu langkah-langkahnya, media yang digunakan maupun kegiatan apa saja yang hendak dilakukan dalam satu pertemuan pembelajaran. Program tahunan atau disingkat dengan PROTA adalah suatu rencana yang berfungsi mengatur urutan pembelajaran selama dalam kurung waktu satu tahun ajaran yang meliputi waktu pembelajaran, materi yang akan dibawakan, dan juga penilaian yang hendak dilakukan. PROSEM atau program semester adalah suatu rencana yang mengatur tentang pembelajaran dalam kurung waktu satu semester baik itu semester ganjil maupun semester genap yang berfungsi menjelaskan materi pembelajaran yang hendak dipelajari, menjelaskan metode pembelajaran dan penilaian yang hendak akan dilakukan.

              Pengembangan adalah suatu bentuk usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baik itu kemampuan teknis, kemampuan teoritis, konseptual maupun moral dengan melalui yang namanya pendidikan dan latihan. Adapun pengembangan dalam silabus, yaitu :

1. Identifikasi kompetensi dasar (KD) dan standar kompetensi yang mesti dicapai.

2. Menentukan tujuan pembelajaran yang terukur dan jelas.

3. Menyusun beberapa rangkaian materi ajar yang berdasarkan pada urutan logis dan progresif

4. Merencanakan metode ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang hendak diajarkan

5. Menetapkan strategi penilaian yang bervariasi dan relevan dengan tujuan untuk mengukur pencapaian yang hendak dicapai pada tujuan pembelajaran.

              Adapun pengembangan RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran, yaitu:

1. Menerjemahkan silabus menjadi suatu aktivitas pembelajaran harian secara rinci.

2. Menentukan sumber daya yang dibutuhkan dengan tujuan untuk mendukung setiap kegiatan pembelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline