KOMPONEN-KOMPONEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Penulis: Andi Anugrah Al Bakri
NPM.0229210014
Mahasiswa IAI DDI SIDENRENG RAPPANG
Proses penetapan dan pemanfaatan sumber daya secara terpadu diharapkan bisa menunjang kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha yang akan dilakukan secara efisien dan efektif dalam mencapai suatu tujuan. Roger A. Kaufman berpendapat bahwa perencanaan merupakan suatu perkiraan tentang apa yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan absah dan bernilai. Suatu rencana belajar merupakan suatu dokumen yang digunakan untuk merencanakan suatu pembelajaran yang biasanya dalam jangka waktu yang ditentukan. Anda dapat membuat rencana belajar untuk setiap unit. Hal ini sering digunakan oleh individu untuk mengatur dan merencanakan pembelajaran mereka sendiri, namun juga dapat digunakan oleh tim, komunitas praktik, atau organisasi. Rencana tingkat organisasi mendapatkan agregat dari rencana individu dan dapat menambah informasi tentang kebutuhan belajar yang muncul dari keseluruhan organisasi.
Pada umumnya, perencanaan pengajaran meliputi kegiatan merumuskan tujuan apa saja yang ingin dicapai oleh suatu kegiatan pengajaran, cara apa saja yang dipakai untuk menilai tujuan itu, materi dan bahan apa saja yang akan disampaikan, bagaimana cara penyampaiannya, dan alat atau media apa saja yang diperlukan. Jadi, perencanaan pembelajaran merupakan rencana yang dibuat oleh guru yang bertujuan untuk memproyeksikan kegiatan apa yang hendak dilakukan oleh guru dan siswa agar tujuan bisa tercapai.
Ada beberapa komponen-komponen dalam perencanaan pembelajaran, yaitu:
1. Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah komponen utama dalam perencanaan pembelajaran. Dalam merencanakan suatu pembelajaran, maka tujuannya harus jelas karena dengan tujuan yang jelas guru dapat memproyeksikan hasil belajar yang hendak ingin dicapai setelah pembelajaran selesai. Menurut Robert Mager, jika seseorang tidak mempunyai ide yang jelas tentang tujuan yang hendak ingin dicapai oleh peserta didik, maka kita tidak akan mampu membuat perencanaan pembelajaran yang baik untuk peserta didik.
2. Isi (materi pembelajaran)
Materi pembelajaran adalah unsur belajar yang penting untuk mendapatkan perhatian dari guru. Materi pelajaran adalah medium untuk mencapai tujuan pembelajaran yang didapatkan oleh peserta didik. Mada dari itu, penentuan materi pembelajaran haruslah berdasarkan tujuan yang hendak ingin dicapai
3. Kegiatan pembelajaran