MODEL PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Pada umumnya, model dapat diartikan sebagai kerangka ideal yang saling berhubungan yang digunakan sebagai pedoman dan acuan dalam hal melakukan suatu kegiatan atau aktivitas. Model perencanaan pembelajaran merupakan kerangka kerja yang dipakaioleh guru atau pendidik untuk merancang, mengembangkan dan menerapkan proses pembelajaran agar menjadi efektif. Terdapat beberapa macam model perencanaan pembelajaran, yaitu:
1. Model Kemp
Model kemp adalah model yang didesain dengan sistem instruksional yang dikembangkan oleh kemp sendiri yang merupakan model yang dapat membentuk suatu siklus. Model perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh Kemp tidak ditentukan oleh komponen mana yang seharusnya guru memulai suatu proses pengembangan. Adapun komponen-komponen yang menurut kemp dalam satu desain instruksional adalah hasil yang mau dicapai, tujuan khusus belajar, analisis tes pelajaran, sumber belajar, aktivitas belajar, evaluasi belajar, layanan pendukung, tes awal dan karakteristik belajar.
2. Model ASSURE
Model ini merupakan desain model perencanaan pembelajaran yang merupakan suatu formulasi untuk kegiatan belajar mengajar yang berpusat di dalam kelas. Model perencanaan pembelajaran ini terdiri dari enam tahapan, yaitu analyze learners, states objectivies, select methods, media and material, utilize media and materials, require learners participation, dan evaluate and revise.
3. Model Banathy
Model Banathy merupakan suatu perencanaan pembelajaran yang memandang bahwa penyusunan sistem interuksional dapat dilakukan dengan melalui tahapan yang jelas. Model perencanaan pembelajaran Banathy mengemukakan bahwa ada 6 tahapan dalam membentuk suatu program pembelajaran, yaitu a) menganalisa dan membentuk tujuan, b) membuat kriteria tes yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, c) menganalisis dan memformulasikan kegiatan belajar, d) merancang atau membuat sistem, e) melakukan perubahan ataupun perbaikan yang berdasarkan hasil dari evaluasi.
4. Model Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional
Model prosedur pengembangan sistem instruskional atau disingkat dengan PPSI merupakan suatu model perencanaan pembelajaran yang dikembangkan di Indonesia. Model perencanaan pembelajaran ini di gunakan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum 1975. Prosedur pengembangan sistem instruksional memiliki fungsi untuk mengefektifkan perencanaan dan pelaksanaan suatu program pengajaran secara teratur untuk dijadikan pedoman oleh guru ketika melaksanakan atau melangsungkan proses pembelajaran.
5. Model Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate