Lihat ke Halaman Asli

Bersama IndiHome, Berprestasi Tanpa Batas Hingga ke Tingkat Nasional Bukan Lagi Sebatas Mimpi!

Diperbarui: 15 Juli 2022   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1: Webinar online bersama Angga Yunanda

Internet saat ini menjadi sebuah media interaktif yang penting untuk dijadikan sarana eksplorasi bersifat edukatif dan rekreatif bagi generasi muda. Terlebih lagi, akses digitalisasi di Indonesia semakin dipermudah karena munculnya konsep 'literasi digital' yang menuntut anak muda untuk melek teknologi sedari dini. Internet saat ini memiliki relasi khusus dengan generasi muda, karena bagaimanapun internet adalah sarana penunjang generasi muda untuk melakukan aktivitas tanpa batas, mulai dari belajar daring, mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, Muhammad Arif, kurang lebih 77% penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Hal ini menunjukkan performa positif, bahwa internet tidak terbatas pada segmentasi tertentu, melainkan terbuka bagi masyarakat dengan berbagai latar belakang kelas sosial, usia, tingkat pendidikan, geografis, hingga generasi. Internet menjadi faktor pendorong berbagai aktivitas masyarakat sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih efektif, praktis, dan efisien.

Salah satu manfaat internet yang memberikan kontribusi positif adalah di bidang pendidikan. Pandemi covid-19 mengharuskan akses pendidikan di Indonesia mengalami perubahan mekanisme dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran secara tatap muka kemudian beralih menjadi proses pembelajaran secara daring. Tentu saja, ini menimbulkan berbagai pro dan kontra. Namun, realisasi pembelajaran ini dapat terjadi secara tepat sasaran, apabila hadir suatu media pendukung yang relevan dengan kondisi yang ada.

Internet mampu menyesuaikan diri karena kondisi pandemi yang dapat memberikan sensasi pembelajaran melalui layar laptop maupun telepon, tanpa harus datang langsung ke sekolah. Dan juga, masih banyak pengaruh positif yang diberikan internet sebagai langkah self-improvement dalam menunjang akses pendidikan generasi muda Indonesia.

Bagi saya sendiri, internet membantu saya mengembangkan mimpi saya dengan tetap berprestasi dan aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran secara digital terkadang memiliki beberapa kendala seperti akses internet yang kurang ideal pada lokasi tertentu, gangguan sinyal ketika proses pembelajaran, maupun kendala sederhana seperti jaringan internet yang lemot.

Akan tetapi, hadirnya IndiHome sebagai angin penggerak akses internet di seluruh pelosok negeri memberikan kemudahan bagi saya untuk mengakses berbagai fitur dan metode pembelajaran melalui internet. IndiHome merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh PT. Telkom Indonesia untuk mendukung percepatan dan pelayanan internet bagi masyarakat.

Telkom Indonesia melalui IndiHome secara tidak langsung membantu saya meraih mimpi saya. Dua tahun menempuh proses pembelajaran secara digital bukanlah sebuah proses yang mudah. Mulai dari kelas 10 semester 2 hingga kelas 12 semester 1, saya belajar untuk mampu beradaptasi dengan keadaan yang mengharuskan saya memanfaatkan internet sebagai penunjang akses pendidikan saya.

Dan terbukti, tiga tahun menempuh pendidikan di SMA, saya akhirnya menjadi lulusan terbaik di program studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam SMA Negeri 1 Tomohon dengan nilai rata-rata 93,21. Kredibilitas dari IndiHome adalah faktor penunjang keberhasilan saya, karena IndiHome hadir sebagai solusi yang mampu mendukung proses belajar saya. IndiHome menawarkan internet tanpa batas untuk melakukan aktivitas tanpa batas mulai dari Zoom Meeting bersama guru, mengerjakan tugas di Google Classroom, menonton rekomendasi video di Youtube, mengikuti webinar online, hingga sesederhana mendengarkan playlist lagu favorit di Spotify.

Tren webinar online juga membantu saya mengembangkan kemampuan dan keterampilan saya. Bukan hanya itu, relasi saya bersama teman-teman lintas profesi dan geografis juga terhubung dengan baik karena jaringan internet yang super lancar dan anti lemot yang dimiliki oleh IndiHome. Tak hanya itu, IndiHome membantu mempertemukan saya dengan Najwa Shihab, Angga Yunanda, Devano Danendra, Jerome Polin, hingga Sandiaga Uno ketika saya mengikuti berbagai webinar online.

Hingga kemudian, akses internet dari IndiHome membuat saya dengan bangga menyatakan bahwa IndiHome hadir sebagai Internetnya Indonesia karena mampu memberikan berbagai manfaat dalam proses self-improvement. Tak lupa juga, internet membantu saya dalam meraih berbagai prestasi. Ketika saya mengikuti seleksi Beasiswa Mapalus Kawanua dari Kawanua Belajar, saya membutuhkan jaringan internet yang lancar untuk mendukung proses wawancara. Dan tentu saja, manfaat internet yang ditawarkan oleh IndiHome tidak pernah mengecewakan. Hasilnya, saya berhasil diterima dan mendapatkan beasiswa pendidikan penuh dari pihak Kawanua Belajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline