A. Pengertian Tingkat Kesukaran Item
Analisis butir soal atau analisis item adalah pengkajian pertanyaan-pertanyaan tes agar diperoleh perangkat pertanyaan yang memiliki kualitas yang memadai. Ada dua jenis analisis butir soal, yakni analisis Tingkat kesukaran soal dan analisis daya pembeda, disamping validitas dan reliabilitas. Menganalisis Tingkat kesukaran dapat diperoleh soal-soal mana yang termasuk mudah, sedang dan sukar
menurut Thorndike dan Hagen (1997), analisis terhadap soal-soal (items) tes yang telah dijawab oleh murid-murid mempunyai dua tujuan penting yaitu:
1. Jawaban-jawaban soal itu merupakan informasi diagnostic untuk meneliti pelajaran dari kelas itu dari kegagalan-kegagalan belajarnya, serta selanjutnya untuk membimbing ke arah cara belajar yang lebih baik.
2. Jawaban-jawaban terhadap soal-soal yang terpisah dan perbaikan (review) soal-soal yang di dasarkan atas jawaban-jawaban itu merupakan basis bagi penyiapan tes-tes yang lebih baik untuk tahun berikutnya.
B. Langkah-langkah penghitungan tingkat kesukaran item
Untuk memberikan penafsiran (interprestasi) terhadap angka indeks kesukaran item Robert L. Thondike dan Elisabeth Hagen dalam bukunya Measurement and Evaluation in Psychology and Education mengemukakan sebagai berikut:
Sedangkan menurut Witherington dalam bukunya berjudul Psychology Education sebagai berikut:
*Langkah Pertama
Langkah pertama: mencari P kotor dengan menggunakan rumus sederhana: