Lihat ke Halaman Asli

Toko Online tanpa JNE ? No Way...

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Toko online dan JNE memang dua hal yang tidak bisa terpisah , tidak terasa sudah selama 4 tahun JNE menjadi sahabat setia dari awal membuka toko online hingga sekarang. Sejak awal mulai berbisnis online, sebagai Pegawai  danibu rumah tangga ,tentu kehadiran JNE sangat berarti penting dalam operasional toko online. Mensiasati waktu yang ada dengan memusingkan pengiriman barang ke customer menggunakanjasa lainselain JNE rasanya hanya akan menghabiskan waktu saja. Bukan berarti tidak pernah menggunakan jasa pengiriman lain, namun menggunakan jasa pengiriman lain selain JNE nyatanya memang ada di urutan terakhir dalam daftar prioritas TDL (To do list) sehari-hari . Memang pada awalnya masih sedikit“chemistry”yg ada, tapi seiring berjalannya waktu ‘’chemistry’’ dengan JNE semakin lama semakin berkembang dan menjadi tdk terpisahkan karena kehadiran JNE ternyata sangat berpengaruh besar dalam membantu operasional toko online .Pengalaman lebih banyak menggunakan jasa pengiriman JNE dengan system standart baku-nya membantu membuat ritme kerjamenjadi lebih teratur, efisien dan tidak berlarut-larut mulai proses order hingga pengiriman barang.

Salah satu contoh dalam pengemasan barang , tidak perlu lagi harus menyediakan kardus dan plastik untuk mengemas produk supaya aman dan rapi cukup hanya mengemas dengan menggunakan kertas kado atau kertas minyak coklat karena untuk produk yang mempunyai berat hanya 300-500 gr per pc ternyata tidak perlu dikemas menggunakan kardus supaya terlihat rapi selain itu menghindari ongkir yang mahal karena menggunakan packaging dengan bahan kardus akan mempengaruhi berat dan berpengaruh pada besarnya biaya ongkir . Dengan tidak menggunakan kardus , berat dapat lebih ringan sehingga dapat menghindari beban ongkir yang tinggi. Penghematan biaya ongkir setidaknya akan membuat pelanggan senang.

Demi memuaskan rasa khawatir atas kerusakan produk dan untuk melindungi pesanan konsumen,membungkus dengan plastik wajib dilakukan setiap kali pengiriman barang. JNE denganstandart baku nya menggunakan plastik berlogo pada proses finisshing sehingga sangat membantu saya utk proses mengemas produk order dari konsumen.

Dari sisi pengiriman produk, dalam setiap hari  nya JNE mulai mendistribusikan barang ke tempat tujuan pada jam empat sore. Ketepatan waktu dalam pengiriman barang tentu saja menjadi yang utama dalam pelayanan jasa. Hal ini “memaksa” saya dalam menyelesaikan proses order hingga packaging supaya selesai dan segera mengejar jadwal pendistribusian barang di jne pada jam 3 sore untuk bisa segera dikirim secepatnya pada hari itu juga dan segera selesai tanpa berlarut-larut.

Pemanfaatan kemajuan teknologi peningkatan pelayanan jasa tidak luput dari komitmen JNE demi kepuasan pelanggan. Dalam pelayanan konsumen untuk bertransaksi online dapat lebih optimal apabila pelaku bisnis online dapat memanfaatkan fitur online demi kepuasan pelanggan online. Termasuk mengenai tarif ongkir, mengetahui biaya ongkir untuk menyelesaikan proses transaksi secara online sangat vital dalam jual beli online. Informasi mengenai biaya ongkir yang dibebankan kepada pelanggan wajib diinformasikan dalam setiap transaksi online. JNE sangat membantu saya dalam hal ini,tarif ongkir dapat diketahui dengan cepat dan mudah cukup hanya dengan melihat “aplikasi JNE” yang dapat di downloadpada android tanpa perlu membuka laptop dan menghubungi kurir untuk mengetahui beban ongkir. Cukup mudah, perkiraan biaya ongkir dapat kita ketahui sesuai dengan lamanya pengiriman yang kita hendaki , tujuan dan berat produk yg akan kita kirimsehingga rincian order dan beban ongkir dapat segera terinformasikan kepada pelanggan sehingga dengan cepat dapat terselesaikan proses pembayaran via online.

Sebagai ibu rumah tangga kendala lain dalam pengiriman barang ke tidak selalu bisa saya lakukan karena ada keperluan-keperluan mendesak dan mendadak walaupun semua sudah terencana supaya proses order dapat selesai pada waktunya, namun adanya kendala bukan berarti mengabaikan hak konsumen untuk segera menerima menerima paket produk yang sudah menyelesaikan proses transaksi. Dengan JNE, saya merasa terbantu karena kesanggupankurir JNE ‘’dalam menjemput bola’’ demi kepuasan pelanggan untuk mengambil paket di rumah. Tanpa keluar rumahpun, berbekal komunikasi yang intens dengan kurir JNE proses pengiriman dapat selesai tepat waktu dan efisien.

Toko Online tanpa JNE ? No way.... Rasanya ungkapan tersebut tidak berlebihan bagi pemilik usaha Online. Begitu mudahnya proses jual beli usaha online dengan adanya jasa pengiriman JNE, sehingga tidak mungkin saya beralih utk menggunakan jasa pengiriman lain selain JNE. Bisa memuaskan pelanggan karena terbiasa mengikuti standart JNE ? mengapa tidak ? Nyatanya, banyak pengaruh positif saya dapat yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Terimakasih JNE.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline