Lihat ke Halaman Asli

Alvira Oktavia

Universitas Pendidikan Indonesia

Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Menjadi Kegiatan Rutin di SD Negeri Jatinangor

Diperbarui: 3 Juni 2023   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Sholat dhuha merupakan kegiatan mengerjakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan ketika waktu dhuha (pagi hari), ketika matahari mulai naik setinggi tujuh hasta sejak terbitnya matahari hingga menjelang dzuhur. Sholat dhuha sendiri memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya adalah memperlancar rezeki sehingga sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Pendidikan agama islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan sangat penting terutama untuk pembentukan karakter dan sikap spiritual siswa sekolah dasar. Salah satu upaya pembentukan karakter dan sikap spritual siswa di SD Negeri Jatinangor, ialah dengan pembiasaan sholat dhuha berjamaah secara rutin satu minggu satu kali, tepatnya setiap hari Jum'at, SD Negeri Jatinangor melaksanakan pembiasaan sholat dhuha berjamaah. Kegiatan ini dimulai pada jam pertama yakni pukul 07.15-08.00 WIB sebelum kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.  Pada pukul 07.00 WIB, siswa sudah mulai berkumpul dan bersiap untuk mengikuti sholat dhuha berjamaah, siswa sudah membawa alat sholat dan juga sudah berwudhu dari rumah.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Guru pendidikan agama islam di SD Negeri Jatinangor memandu pelaksanaan sholat dhuha. Siswa laki-laki secara bergantian menjadi imam setiap minggu nya, sementara siswa perempuan dan juga guru-guru menjadi makmum. Pembiasaan sholat dhuha ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pembentukan karakter siswa menjadi lebih religius, selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membiasakan siswa untuk melaksanakan sholat dhuha, terlebih siswa di SD Negeri Jatinangor secara keseluruhan beragama Islam.

Dokumen pribadi

Pembiasaan sholat dhuha berjamaah ini dilaksanakan di koridor kelas, sholat dhuha dilaksanakan sebanyak dua rakaat. Setelah selesai sholat, kegiatan akan dilanjutkan dengan membaca doa-doa setelah sholat dhuha, asmaul husna, dan ceramah dari guru. Sebelum kembali ke kelas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, kegiatan sholat dhuha ini ditutup dengan ice breaking yang menyenangkan dengan dipandu oleh guru.

Dengan adanya pembiasaan sholat dhuha rutin setiap hari Jum'at di SD Negeri Jatinangor ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru maupun siswa, terutama memberikan pengaruh yang baik terhadap perkembangan karakter dan sikap spiritual siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline