Lihat ke Halaman Asli

Alvinsa Irfan

Mahasiswa

Dailee Healthy Club bersama Kelompok PR "Sahitya" UMM Gelar Webinar dan Demo Cooking Bersama

Diperbarui: 26 Juni 2021   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto : Webinar & Demo Cooking Online Dailee Healthy Club / dokpri

Malang-Dailee Healthy Club bersama kelompok Praktikum Sahitya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar webinar kesehatan. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Menghadirkan Vikie Nouvrisia selaku narasumber webinar yang bertema "Rahasia cantik dan sehat dimulai dari dapurmu". Webinar kali ini berlangsung selama 2 jam dengan jumlah 35 peserta. Tujuan dari diadakan webinar ini supaya target audiens atau Ibu rumah tangga dapat meningkatkan pengetahuan tentang makanan sehat (20/06). 

Khairul Bariah selaku moderator  yang merupakan salah satu tim dari Sahitya mampu membuka dan membawakan kegiatan webinar dengan lancar dan tanpa kendala. Materi pertama disampaikan oleh dokter Vikie Nouvrisia selaku Dokter Spesialis Gizi Klinik sekaligus Kepala Instalasi Gizi RS Karya Bhakti Pratiwi, Bogor. Topik yang dibahas meliputi cantik dari dalam, dan apakah makanan sehat dan pengaruh makanan terhadap kulit? Pola hidup sehat serta bagaimana cara mengolah makanan sehat yang baik dan benar. 

Menurutnya, cantik dari dalam itu dapat dilihat dari kesehatan tubuh seseorang.  Bagaimana agar tubuh kita sehat? Tentunya  harus menerapkan gaya hidup sehat serta pola makan yang sehat agar kita juga bisa merawat kecantikan kita dari dalam. Karena apa yang kita konsumsi juga akan berpengaruh terhadap kulit. Misalnya sering makan makanan cepat saji maka yang akan terjadi pada kulit, yaitu penuaan dini, kulit wajah menjadi kusam karena makanan cepat saji seperti junk food kurang mengandung nutrisi. 

Selanjutnya dokter Vikie Nouvrisia juga mengingatkan agar jangan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia yang mengandung lemak berlebih seperti gorengan ataupun junk food. "Yang termasuk makanan sehat adalah makanan yang tidak mengandung bahan tambahan kimia seperti zat pewarna, pengawet, penambah rasa, yang tidak mengandung lemak, gula, dan garam yang tinggi, tidak mengandung zat berbahaya seperti pestisida, dan tidak terkontaminasi dengan mikroorganisme serta makanan yang diolah secara sehat dan benar," pungkasnya.

Pada sesi kedua dibuka dan dilanjutkan dengan kegiatan demo cooking.  Sedikit penjelasan mengenai resep makanan sehat oleh Susi Pravitasari, selaku owner Dailee Healthy Club Malang. Sedangkan Dwi Ika Purnamawati selaku bagian dari tim Sahitya ikut menuntun berjalannya demo cooking. Dailee merupakan usaha rumahan yang bergerak di bidang bisnis makanan sehat. 

Dalam rangka memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang makanan sehat, Dailee bersama kelompok praktikum Sahitya, Program Studi Ilmu Komunikasi UMM memberikan E-book yang berisi materi yang disampaikan oleh narasumber. Dilengkapi dengan resep-resep makanan sehat dan bahan masker wajah alami yang mudah di dapat hanya dari dapurmu yang bisa di download melalui aplikasi Whatsapp. 

Selanjutnya Dailee memulai demo cooking dengan membuat salah satu resep dari menu andalan Dailee yaitu Fruit Granola Smoothies Bowl. Pada saat sesi tanya jawab, para peserta sangat antusias terhadap materi yang diberikan narasumber. Seperti saat melakukan demo cooking peserta bertanya perihal permasalahan dan meminta tips bagaimana memulai cara mengatur pola makan yang sehat.

Sesi kedua dilanjutkan dengan demo cooking yang dibuka oleh Susi Pravitasari, selaku owner Dailee Healthy Club Malang. Pada saat sesi tanya jawab, para peserta sangat antusias terhadap materi yang diberikan narasumber. Seperti saat melakukan demo cooking peserta bertanya perihal permasalahan dan meminta tips bagaimana memulai cara mengatur pola makan yang sehat.

Menurut Susi, untuk memulai pola makan yang sehat memang butuh proses dan adaptasi baru. Misal mengganti nasi putih dengan nasi coklat atau merah sedikit demi sedikit dan bergantian agar tidak bosan, membiasakan diri untuk tidak langsung memakan makanan berat saat pagi. Namun menggantinya dengan makan buah atau membuat ramuan (jamu) atau infused water agar perut tidak kaget.

Selain itu peserta juga bertanya mengenai bagaimana cara alami mengatasi keluhan pada wajah yaitu flek hitam akibat menggunakan krim abal-abal. "Ingat, cantik tidak perlu mahal, solusinya cukup dari dapurmu. Ada bahan yang mudah untuk menghilangkan flek yaitu menggunakan daun sirih yang direndam dengan air panas lalu ditempelkan pada wajah yang terkena flek hitam. Selain itu, menggunakan mentimun, lemon dan lidah buaya juga bisa meredakan flek hitam, nanti dicoba ya, gampang sekali dan tentu mudah di dapat. Namun semua tidak akan instan, jadi butuh proses dan bersabar ya," jelasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline