Lihat ke Halaman Asli

Makan KH. Wahab Hasbullah Jombang

Diperbarui: 29 September 2023   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Alvin Luthfiana 

K.H. Abdul Wahab Hasbullah (31 Maret 1888 -- 29 Desember 1971) adalah salah satu ulama pendiri Nahdatul Ulama yang berpandangan modern dan diplomatis sekaligus kiai asal Pondok Pesantren Bahrum Ulum Tambakberas, Jombang. Ia juga merupakan pengarang lagu Yahlal Watan yang banyak dilantunkan warga NU. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 November 2014.

Banyak informasi historis di tempat makam KH. Wahab Hasbullah bagi pengunjung agar bisa mengetahui sejarah dari beliau. Dan makam ini sangat ramai pengunjung yang berdatangan untuk ziarah dan mempererat silaturahmi bagi para alumni santri-santri beliau, akses ke makam sangat baik dan mudah ditempuh menggunakan berbagai transportasi darat.

Untuk kegiatan edukasi ada penjaga makam yang akan memberikan informasi maupun cerita sejarah mengenai beliau dan para pengurus yayasan menerbitkan sebuah buku tentang sejarah berdirinya pondok Bahrul Ulum yang didirikan beliau. Untuk kebersihan dan pengelolaan makam disini sangat diperhatikan dan dirawat dengan baik karena juga untuk para peziarah yang selalu berdatangan setiap hari.

Sumber: Alvin Luthfiana 

Sumber: Alvin Luthfiana

Dan untuk keamanan disini juga sangat diperhatikan dan dijaga dengan ketat, kita sebagai generasi muda dan seorang muslim haru tetap mengingat sejarah-sejarah para ulama dan tidak hanya ulama tapi juga pahlawan karena telah membela negara Indonesia, berjuang tanpa henti untuk Indonesia merdeka. Maka dari itu kita senantiasa mengingat, dan juga ikut serta mengamalkan ajaran beliau dan membela negara kita Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline