Lihat ke Halaman Asli

Inspirasi Model Baju Kerja untuk Pria dan Wanita

Diperbarui: 1 September 2019   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Baju Kerja Wanita Simple (Sumber: istockphoto.com)

Sebagai eksekutif muda, selain skill ilmu pengetahuan baik teori dan praktek, penampilan kerja yang sedap di pandang mata juga merupakan suatu tuntutan untuk saat ini. Penampilan yang kusut, berantakan dan kusam dapat memberi padangan buruk tentang diri kamu. Lain halnya apabila kamu berpenampilan rapi, secara tidak langsung akan memberikan aura positif.

Model Baju Kerja Wanita dan Pria Terbaru Untuk Kamu Para Eksekutif Muda

Sekarang ini model baju kerja wanita dan model baju kerja pria tidak selalu berupa kemeja, celana ataupun rok bahan bergaya konservatif. Model baju kerja wanita dan pria saat ini sudah jauh lebih beragam. Kamu bisa berkreasi memadu padankan baju yang kamu miliki untuk tampilan kerjamu yang lebih stylist. Berikut beberapa inspirasi baru kerja terbaru namun tetap terlihat profesional.

Sebagai eksekutif muda, sudah pasti setelan kemeja, celana dan blazer sudah kamu miliki di dalam lemari kamu, tapi mungkin kamu juga akan terlihat membosankan jika memakai model baju kerja wanita dan pria seperti itu saja. 

Untuk wanita, kamu bisa memodifikasi tampilan model baju kerja wanita mu berupa kemeja putih yang standar dengan menggunakan aksesoris, seperti kalung atau scarf. Sedangkan untuk pria, kamu bisa memodifikasi model baju kerja pria kaum dengan menggunakan aksesoris berupa jam tangan, atau jika kamu biasa memasukkan baju kamu ke celana, carilah kemeja atau atasan yang tidak terlalu panjang.

Kamu bisa mengenakan atasan tersebut dengan mengeluarkannya dari celana, kamu juga bisa menggulung kemeja di bagian tangan agar terlihat lebih casual. Selain itu, busana kerja sebaiknya menggunakan material yang nyaman seperti katun, viscose, sifon. Sedangkan untuk jas atau blazer bisa menggunakan bahan linen atau polyester. Hindari pakaian kerja bahan beludru, brokat, atau bahan-bahan lain yang mengkilap karena akan terlihat berlebihan jika dikenakan untuk busana kerja. Jika kamu menggunakan hijab saat kerja, bisa membaca Tutorial Hijab Pashmina.

Bagi kalian yang bekerja di dunia showbizz atau entertaiment tentunya bergaya modis bukan hal yang susah, karena biasanya tidak ada aturan yang ketat untuk berpakaian di area kerja kamu. Namun, bagi kamu yang bekerja di instansi formal, bergaya dengan model baju kerja wanita dan pria yang modis akan menjadi tantangan tersendiri.

Namun hal ini tentu bisa diakali, contohnya bagi kamu yang wanita plihan baju tunik sangatlah cocok untuk model baju kerja wanita profesional dan berjilbab. Model tunik yang panjang terlihat sopan dan rapih dikenakan di kantor. Kenakan tunik berbahan chiffon yang jatuh agar terlihat elegant, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti ikat pinggang agar terlihat lebih stylish. Bagi kamu yang pria, model baju kerja pria yang bisa kamu kenakan adalah batik, terlebih jika kamu sedang bosan mengenakan kemeja.

Di beberapa instansi tempat bekerja ada yang membebaskan gaya pakaian kerja ketika hari Jumat. Hal ini bisa menjadi ajang untuk kamu bereksperimen dengan pakaian casual dan santai, namun bagaimana jika kamu tetap ada meeting di hari Jumat yang menuntut tampilan rapih? Bagi kamu yang wanita, kamu bisa bergaya casual dengan model baju kerja wanita seperti celana joger. 

Saat ini bank celana joger dengan bahan kain sehingga terlihat lebih formal, padukan celana joger mu dengan atasan blouse longgar panting atau tunik agar menutupi lekuk tubuh dan tampak pas serta sopan. Selain itu kamu juga bisa lho pakai jumpsuit untuk kerja.


Selain praktis, pakaian model Jumpsuit juga ampuh untuk menyamarkan beberapa kekurangan pada tubuh, seperti pinggul dan perut yang tak rata. Bagi kamu yang berjilbab kamu bisa mengenakan jumpsuit dengan manset polos. Carlilah baru jumpsuit dengan dengan bahan kaku, bukan jatuh seperti spandek agar tetap formal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline