Lihat ke Halaman Asli

KKN 56 Kelompok 59 UIN Gus Dur Mengadakan Pelatihan Pengelolaan Sampah di Desa Kalisaleh

Diperbarui: 27 Juli 2023   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN 56 Kelompok 59 UIN Gus Dur (Dokpri)

Pemalang, Selasa 25 Juli 2023. KKN 56 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang melakukan pelatihan pengelolaan sampah di Desa Kalisaleh Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Dalam pelatihan ini di hadiri oleh Kepala Desa Kalisaleh Bapak Bejo Utomo, Bapak Agus Aribowo, ST selaku perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang dan dihadiri sekitar 25 warga Desa Kalisaleh, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

KKN 56 Kelompok 59 UIN Gus Dur (Dokpri)

Dalam acara ini, Bapak Agus Aribowo, ST selaku perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang menyampaikan "Dengan adanya pengolahan sampah sangat diperlukan, salah satunya dengan adanya pengelolaan sampah organik dari sisa - sisa sampah rumah tangga seperti sayuran, buah, dll. Dengan menggunakan teknik tertentu yang dapat menghasilkan pupuk organik berupa kompos, nantinya pupuk dapat digunakan untuk tanaman dan keuntungan pupuk kompos juga untuk jangka panjang". Dalam acara ini, Kepala Desa Kalisaleh bapak Bejo Utomo juga menyampaikan "Harapan desa untuk mensosialisasikan dan tertib dalam pembuangan sampah, serta masyarakat dapat memilah sampah organik maupun anorganik".

KKN 56 Kelompok 59 UIN Gus Dur (Dokpri)

Masyarakat cukup antusias dengan kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah. Harapannya dengan diadakannya sosialisasi pengelolaan sampah ini, masyarakat Desa Kalisaleh Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dapat mengimplementasikan materi yang disampaikan di lingkungan sekitar dan menjadi contoh untuk orang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline