Lihat ke Halaman Asli

Partisipasi Mahasiswa KKN-K 082 dalam Merayakan Lomba Kemerdekaan di Desa Wirowongso

Diperbarui: 14 Agustus 2023   22:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dekomentasi hasil foto pribadi salah satu anggota kkn

Dalam memperingati kemerdekaan, setiap tahunnya masyarakat Desa Wirowongso mengadakan kegiatan lomba untuk memeriahkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme masyarakat. Kegiatan lomba ini diikuti oleh anak-anak dan ibu-ibu. Mahasiswa KKN-K 082 ikut berpartisipasi dalam acara perlombaan, serta menjadi panitia yang bertujuan untuk menyumbangkan tenaga dalam memeriahkan kegiatan lomba, serta untuk menambah kedekatan antara mahasiswa dengan masyarakat.

Masyarakat desa Wirowongso mengadakan lomba kemerdekaan pada setiap dusunnya masing-masing. Terdapat beberapa perlombaan yaitu lomba balap karung, makan kerupuk, menangkap itik, nyo'on geddang, estafet tepung, tari tambang, karaoke, joget balon, estafet bendera, memasukkan paku dalam botol, pukul air, dan lain sebagainya. Perlombaan di mulai pukul 19.00 sampai 21.00 untuk hari Rabu sampai Jum'at, untuk hari Kamis diliburkan. Sedangkan hari Sabtu dan Minggunya selesai pukul 22.00. Untuk menarik minat para peserta lomba kemerdekaan, Mahasiswa KKN-K 082 dan kelompok pemuda menyiapkan beberapa hadiah menarik untuk para pemenang perlombaan.

 Mahasiswa KKN-K 082 sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Terlihat pada saat mahasiswa KKN 082 memperagakan lomba kepada para peserta lomba. Tidak hanya itu, mahasiswa KKN-K 082 juga dibantu oleh beberapa panitia dari kelompok pemuda dusun setempat. Kolaborasi antar anggota kelompok pemuda dan mahasiswa KKN-K 082 sangat kompak sehingga acara lomba dalam memperingati HUT RI Ke-78 diselenggarakan dengan meriah.

Mahasiswa KKN-K 082 berharap acara tersebut berlanjut dan lebih berkembang lagi di tahun-tahun berikutnya. Karena dengan adanya acara tersebut dapat mempererat kerukunan warga sekitar serta menumbuhkan jiwa nasionalisme pada masyarakat desa Wirowongso.

Penulis : seluruh mahasiswa kkn-k 082




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline