Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Digital Marketing

Diperbarui: 21 Agustus 2023   02:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Jember, 10 Agustus 2023 mahasiswa KKN-K 203 melakukan kunjungan terhadap beberapa UMKM yang ada di Desa Plerean. Kegiatan yang dilakukan adalah mengunjungi beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara langsung dan mengobservasi kegiatan produksi sekaligus melakukan analisis terhadap kegiatan pemasarannya.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, mahasiswa KKN-K 203 menganalisis apa yang bisa dilakukan untuk pengoptimalan dari UMKM “Keripik Singkong Barokah” dan “Opak Gulung Barokah”. Dari hasil observasi diketahui bahwa kedua UMKM tersebut belum memanfaatkan pemasaran digital (digital marketing) secara maksimal pun kemasan yang masih sederhana. Oleh karena itu, mahasiswa KKN-K 203 berinisiatif dalam melakukan pendampingan UMKM dari pembuatan logo, desain kemasan, dan pembuatan akun e-commerce sebagai upaya mendongkrak penjualan.

UMKM “Keripik Singkong Barokah” sendiri menjual beraneka macam keripik, diantaranya adalah keripik singkong, talas, pisang, kuping gajah, dan sebagainya. Penjualannya dilakukan melalui warung dan pemesanan via Whatsapp. Selain itu juga bisa secara langsung dibeli di rumah produksi. UMKM “Keripik singkong Barokah” ini sekaligus juga terhitung membantu perekonomian sekitar karena karyawan yang dipekerjakan adalah tetangga dari pemilik sendiri.

Dokumen Pribadi

Sedangkan UMKM “Opak Gulung Barokah” sudah beberapa kali mengikuti kegiatan bazar untuk tujuan promosi sehingga selain variasi rasa yang sudah dimiliki seperti durian, vanila, jahe, dan nanas. Oleh karena itu, desain kemasan yang menarik konsumen sebagai branding dari produknya juga sangat diperlukan.

Perkembangan teknologi yang cukup pesat turut mempengaruhi pelaku usaha terutama untuk memaksimalkan penjualan produknya dan memperluasan pasar. Namun, kurangnya pemahaman tentang branding, khususnya dalam konteks ini melalui tampilan (packaging) dan pemasaran sedikit banyak menjadi ganjalan usaha yang sudah dijalankan. Setidaknya, dua komponen tersebut menjadi penting karena memuat kunci terhadap daya tarik konsumen untuk membeli produk.

Berkaitan dengan hal di atas, digital marketing sendiri merupakan kegiatan pemasaran atau promosi brand produk maupun jasa via digital, yakni baik melalui internet, media sosial, telepon seluler, atau sejenisnya. Sebagai contoh e-commerce yang banyak digunakan yakni Shopee dan Tiktok. Selanjutnya, menyambung hal yang tersebut tadi, bedasarkan hasil observasi yang dilakukan, pendampingan dalam pemasaran via digital diharapkan membantu dalam mendongkrak penjualan dari UMKM “Keripik Singkong Barokah” dan “Opak Gulung Barokah” karena keduanya memiliki potensi untuk dapat lebih berkembang kedepannya.

Dokumen Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline