Lihat ke Halaman Asli

Alun Hemas

Mahasiswa

Promosi Candi Selogriyo oleh Tim KKN Kembangkuning 1 Universitas Tidar

Diperbarui: 5 Agustus 2024   16:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Tim KKN Kembangkuning 1 di Candi Selogriyo)

Magelang - Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kembangkuning 1 Universitas Tidar dalam rangka melaksanakan program kerja digital marketing mempromosikan Candi Selogriyo yang beralamat di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Candi Selogriyo merupakan candi agama hindu karena terdapat banyak lukisan dewa hindu seperti Dewa Ganesha dan Dewa Shiwa.

Kegiatan yang dilakukan meliputi penyebaran pamflet di CFD (Car Free Day) Rindam Kota Magelang, pembuatan foto dan video konten yang di upload di sosial media instagram @candiselogriyo_officicial, serta membuat diskon 50% bagi 20 orang pertama wisatawan lokal.

Proses yang dilakukan dalam program kerja digital marketing dilakukan selama beberapa hari termasuk shooting video konten, pengambilan gambar, pembuatan dan penyebaran desain pamflet serta pemberian diskon bagi pengunjung asal Indonesia.

"Kami memilih mempromosikan Candi Selogriyo karena kebetulan tempatnya dekat dengan posko KKN kami. Dan juga memang candi ini belum terlalu terekspos seperti candi besar lain yang ada di Indonesia" Ujar Malik selaku Ketua KKN Tim Kembangkuning 1.

Tetapi meskipun begitu candi ini sering dikunjungi wisatawan asing seperti dari Negara Jerman, Kanada dan Belanda. Memiliki trek jalan yang naik turun dengan pemandangan alam yang sangat indah. Candi Selogriyo akan sangat cocok dan menarik untuk dikunjungi wisatawatan. Di tengah perjalanan menuju candi, wisatawan juga akan menemukan kedai kopi untuk berisitirahat sembari memesan minuman dan makanan yang tersedia pada kedai tersebut. 


Saat penyebaran pamflet TIM KKN Kembangkuning 1 menjelaskan kepada calon pengunjung bahwa ada diskon 50% bagi 20 pengunjung pertama orang lokal.

TIM KKN Kembangkuning 1 juga ikut membantu menjaga loket masuk Candi Selogriyo selama 2 hari berturut-turut pada tanggal 27-28 Juli.

"Kami berharap dengan adanya promosi ini, Candi Selogriyo lebih ramai pengunjung. Karena sangat cocok untuk tempat liburan sambil belajar sejarah" Ujar koodinator program kerja digital marketing Alun Hemas Delyana.

Miftah selaku Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) juga mengharapkan promosi digital marketing yang dilakukan TIM KKN Kembangkuning 1 bisa menjadikan Candi Selogriyo ramai pengunjung sehingga masyarakat sekitar dapat berbisnis dan berwirausaha.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline