Lihat ke Halaman Asli

Membuat Kolak untuk Berbuka Puasa dengan Bahan Dasar Pisang Ambon

Diperbarui: 11 Mei 2020   15:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : cookpad.com, 2019

"Ketika menjalankan ibadah puasa, pasti kita ada kalanya akan terbayang-bayang nanti berbukanya apa ya ?". Apakah ketika bulan puasa kalian pernah memiliki pemikiran seperti itu teman-teman ?. Kadang kala saya memiliki pemikiran seperti itu teman-teman, ada perasaan ingin tahu terkait menu buka puasa yang akan disuguhkan ibu.

Ketika puasa hari ke sepuluh, saya terpikirkan akan suatu makanan yang enak untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Akhirnya makanan yang menjadi pilihan saya untuk disajikan ketika berbuka puasa adalah kolak dengan bahan dasar pisang ambon. Saya memilih pisang ambon karena pisang ini asli berasal dari Negara Indonesia, kan ada pepatah yang mengatakan bahwa cintailah produk asli Indonesia. Selain itu, alasan saya memilih pisang ambon karena rasa dari pisang ini sangatlah manis teman-teman, jadi sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar kolak.

Namun disini saya mengalami permasalahan teman-teman, sebenarnya saya tidak tahu cara mengolah pisang ambon menjadi kolak. Pasti kalian akan memberikan pertanyaan seperti ini teman-teman "loh kak, kenapa kakak tidak minta pertolongan ibu kakak saja, kan ibu kakak pastinya bisa membuat kolak ? dari pada kakak malah bingung seperti ini".

Nah disini sebenarnya saya ingin membuat kolak berbahan dasar pisang ambon ini sendiri teman-teman, tanpa bantuan dari ibu. Tujuan saya juga untuk memberikan kejutan kepada ibu bahwa saya bisa membuat kolak untuk disajikan ketika berbuka puasa. Pastinya ibu akan merasa senang kalau saya bisa membuat makanan untuk berbuka, apalagi kalau makanannya dibuat spesial untuk diberikan kepada dirinya.

Alhamdulillah teman-teman, akhirnya pada hari itu saya bisa membuat kolak untuk disajikan  sebagai santapan berbuka puasa. Pada hari itu banyak hal yang harus saya lewati untuk bisa membuat kolak berbahan dasar pisang ambon yang khusus disuguhkan kepada ibu tercinta. Teman-teman semua, apakah kalian ingin tahu kenapa saya yang awalnya tidak bisa membuat kolak, tapi pada akhirnya bisa membuat kolak yang spesial. Tenang teman-temanku semua, disini akan saya tunjukkan kepada kalian semua tentang cerita saya dalam membuat kolak berbahan dasar pisang ambon, ceritanya adalah sebagai berikut teman-teman :

1. Bingung Mencari Resep Membuat Kolak Berbahan Dasar Pisang Ambon

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya teman-teman, awalnya saya benar-benar bingung terkait resep membuat kolak berbahan dasar pisang ambon. Harap dimaklumi saja ya teman-teman, saya belum pernah membuat kolak berbahan dasar pisang ambon. Jangankan membuat kolak berbahan dasar pisang ambon, membuat kolak saja saya belum pernah teman-teman.

Bingung mencari solusi untuk mengatasi permasalahan ini, namun akhirnya saya mendapatkan ide yang dapat mengatasi permasalahan ini. Saya kepikiran untuk mencari di internet saja terkait resep, perkembangan teknologi saat ini pastinya akan membuat kita semua lebih mudah dalam mencari sesuatu, termasuk resep membuat kolak berbahan dasar pisang ambon.

Akhirnya setelah saya mencari di internet, saya benar-benar menemukan resepnya teman-teman. Namun disini saya menemukan masalah lagi teman-teman, coba tebak teman-teman semua, apa permasalahan saya ?. Permasalahan saya selanjutnya adalah ternyata di internet banyak sekali resep membuat kolak berbahan dasar pisang ambon.

Jujur hal tersebut benar-benar membuat saya bingung, saya bingung memilih salah satu dari banyaknya resep yang ditawarkan di internet. Saya kan juga tidak tahu, dari sebagian banyak resep membuat kolak berbahan dasar pisang ambon, mana resep yang paling enak dan mudah teman-teman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline