Libur panjang akhir semester ganjil yang bertepatan dengan libur natal dan tahun baru telah usai dan saatnya kini kembali pada rutinitas sehari-hari, tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar di Sekolah. Setelah libur panjang, biasanya diperlukan adaptasi bagi tubuh baik secara fisik maupun psikis untuk menghadapi kembali berbagai rutinitas yang biasa dijalani.
Salah satu permasalahan yang sering terjadi setelah libur panjang adalah menurunnya semangat untuk kembali pada rutinitas.
Hal tersebut terjadi hampir pada semua kalangan termasuk pada para siswa, para siswa biasanya mengalami penurunan semangat untuk kembali belajar di Sekolah.
Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlangsung lama, guru sebagai fasilitator siswa di Sekolah harus memiliki formula untuk mengembalikan semangat belajar siswa setelah libur panjang.
Adapun formula yang harus dimiliki oleh guru untu mengembalikan semangat belajar siswa adalah sebagai berikut :
Pancarkan Semagat dari Guru
Semangat merupakan bentuk ekspresi perasaan yang bisa timbul akibat adanya stimulus baik dari luar maupun dari dalam diri. Rasa semangat ini memiliki sifat menular dari satu orang ke orang yang lainnya.
Untuk mengembalikan semangat belajar siswa, maka formula pertama yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan membangun dan memancarkan semangat ketika berada di Kelas.
Guru yang mampu memancarkan semangatnya akan membantu siswa untuk mengembalikan semangat belajarnya.
Semantara guru yang tidak mampu memancarkan semangatnya akan membuat siswa merasa jenuh dan memungkinkan semangat belajar siswa semakin menurun.
Rasa semangat bisa dipancarkan oleh guru melalui penampilan yang ceria dan bersahabat. Pancaran semangat dari guru ini diharapkan akan membentuk suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa, jika suasana nyaman dan menyenangkan sudah terbentuk maka guru akan mudah mengajak siswa ketika akan memulai kembali belajar mengenai konten pelajaran.
Mulailah Pembelajaran dengan Konten yang Ringan dan Menarik
Setelah terbentuk suasana kelas yang nyaman dan menyenagkan, maka formula selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru adalah memulai pembelajaran dengan konten yang ringan dan menarik.