Lihat ke Halaman Asli

Kedudukan Ilmu Geografi dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia Oleh Alsi Ratu Balqis

Diperbarui: 24 Juni 2022   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kurikulum Merupakan Suatu bentuk rancangan dan aturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat membimbing dalam aktivitas belajar dan mengajar. Jadi Kurikulum itu ialah Rancangan pembelajaran.  Pentingnya kurikulum ini yaitu untuk mewujudkan peseta didik agar dapat menjadi pribadi yang lebih bermutu,kreatif,inovatif,beriman dan juga efektif ketika dia berada di lingkungan masyarakat sekitar.

Di Indonesia kurikulum yang berlaku adalah kurikulum 2013, kurikulum ini adalah pengganti dari kurikulum 2006. Kurikulum 2013 ialah sebagai kurikulum berlandaskan kompetensi yang merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan karakter dan kempuan kompetensi tugas-tugas dengan standar  kinerja tertentu sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik.

Konsep dasar kurikulum 2013 merupakan kelakuan,keterampilan dan pengetahuan. kurikulum 2013 disusun dengan mengembangkan dan memperkuat kelakuan,pengetahuan,dan keterampilan secara seimbang. komponen kurikulum 2013 mempunyai 5 komponen utama,yaitu: 

  • Tujuan
  • Materi
  • Strategi
  • Pembelajaran
  • Organisasi kurikulum
  • Evaluasi

geografi yang di pelajari dalam kurikulum 2013

Karakteristik Mata Pembelajaran Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari segala kegiatan manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya melalui perspektif ruang hingga berbentuk pola ruang tertentu. untuk dapat memahami fenomena dan proses geografi,dibutuhkan kehadiran berbagai media yaitu kepentingan akan peta,tabel,grafik,gambar,angka statistik. Objek kajiannya sangat luas karena permukaan bumi sehingga untuk melihat keseluruhan diperlukan alat untuk memperkecil yaitu peta. 

Geografi Sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa

Pendidikan karakter adalah suatu upaya manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memperdayakan potensi peserta didik guna membangun sikap pribadi sehingga dapat membentuk karakter seseorang yang baik dan berkualitas baik individu maupun lingkungananya.

Mata Pelajaran Geografi dalam Struktur Kurikulum 2013

Mempelajari tentang hubungan kausal berbagai gejala dan kejadian yang terjadi dimuka bumi,baik fisik maupun makhluk hidup beserta permasalahan melalui pendekatan keruangan ekologi dan regional. Dalam kurikulum 2013  matapelajaran geografi di kelompokan pada matapelajaran ilmu ilmu sosial.

Tujuan Pembelajaran Geografi:

  • Pengetahuan
  • Sikap
  • Mengembangkan konsep
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline