Lihat ke Halaman Asli

Sayyid Jumianto

Menjadi orang biasa yang menulis

2023 End of Orde Machine ( 04): Penjajahan (Budaya) ala KPop

Diperbarui: 9 Januari 2023   18:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

2023 ..

Lonceng kematian starup semakin nyaring sebab semua seperti pameo hangat-hangat tahi ayam seperti mendekati kenyataan. Banyak yang gulung tikar atau ditukar guling terhempas starup manca negara. 

Bukan masalah alternatif  namun solusi dan kemudahan kementerian informatika untuk ke arah digitalisasi sepertinya ingin angin segar bagi pengembang bisnis informasi disini.

Penjajahan militer ala Rusia terhadap Ukraina adalah model lama dan banyak rugikan SDM, materiil dan jiwa raga.

Perang modern adalah perang informasi, dan isu sosial budaya. Lebih kejam dan lebih tidak terasa bagi negeri yang terjajah. 

Asli  untuk mempertankan diri dari "penjajahan" sosial budaya negeri lain tidaklah mudah membendungnya. 

Ketika sememanjung arab bergolak dan "musim semi " belum berakhir yang akhirnya budaya barat dapat mengintervensi ketatnya budaya arab menara burj khalifa dan piala dunia sepak bola di qatar 2022 menjawab semua ini apa adanya. 

Memang kita sendiri juga lupa sedang "di jajah KPop" jangan lupa, jadi bukan mega infrastruktur tol yang dibuat para insiyur Cina di sini, namun budaya Cina dan K pop akhirnya menjajah juga gaya trend kekinian anak-anak muda kita disini.

Memang kita tidak bisa bendung pengaruh sosial budaya ala K pop atau budaya barat yang lebih terbuka. 

Kemajuan teknologi dan informasi akhirnya harus dibendung dengan Iman dan taqwa. Mulai dari ketahanan keluarga dan diri kita sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline