Lihat ke Halaman Asli

Sayyid Jumianto

Menjadi orang biasa yang menulis

Kebersihan adalah Sebagaian dari Iman, Betul Adanya!

Diperbarui: 14 April 2020   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kebersihan adalah sebagaian dari iman, betul adanya!

Bukan klise inilah judul yang relevan sejak adanya pandemi ya pageblug virus corona kita akhirnya bukan saja di sini di seantero jagat ini telah di dengungkan cuci tangan dan kebersihan diri untuk mencegah meluasnya virus ini ada benarnya!

Ingat dlam Tuntunan Islam kebersihan adalahs ebagaian dari iman dan diajarkan kanjeng Nabi Muhamad SAW sejak 1400 tahun yang lalu dan kini terbukti nyata  karena virus yang menyebabkan pandemi seluruh dunia ini asalanya  kemungkinan besara dari diri kita manusia yang salah satunya tidak terjaganya kebersihan diri, makanan, lingkungan tempat tinggal,  minuman, kendaraan dan pergaulan sosial kita terbukti adanya.

Apakah kamu tidak yakin kini   ketika nilai-nilai sosial dan pergaulan manusia yang  didalamnya adalah nilai kebersihan adalah mencuci tangan dengan bersih kalau di agama Islam menjaga wundu adalah sebuah keharusan dalam keseharian kita, di negeri-negeri barat dan asia yang tidak berbasis Islam sudah lama mereka menjalankannya tetapi kenapa tetap kena virus corona semenetara sebagaian besar negeri yang pendudukanya juga banyak muslimnya kena wabah virus ini juga ?

Jawabanya simpel karena kita abai terhadap  diri kita sendiri, abai jaga  makan da minum kita, terbukti bahwa asala merebaknya virus ini dari Wuhan China adalah nyata karena mereka tidak menjaga pola makan mereka bahkan konon  makanan haram pun mereka makan bahkan binatang yang tidak patut dikonsumsipun mereka makan adalah nilah tidak menjaga kebersihan makanan mereka sehingga merebaknya virus ini dengan cepat.

Jakarta  mengapa banyak penderitanya?

Jawaban simpel udara kotor tingkat polusi tinggi menubuh suburkan virus ini,kenapa pula semarang dan bandung, bogor dan tangerang juga banyak korbanya? Jawabanya satu kita tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan kita dan juga kebersihan diri kita.

Keberihan lingkungan di Jakarta sangat rawan dengan tingkat polusi tertinggi se ASIA adalah sebuah realita yang tak terbantahkan dan banjir rutin setiap tahun inilah yang menumbu suburkan berbagai virus dan penyakit salah satunya virus corona ini.

Berpulang dari judul yang saya tulis di atas artikel ini kebersihan adalah sebagain dari iman adalah betul nyata sekarang, di pasar, dirumah, di warung, kantor, tempat nongkrong, gedung pemerintahan dan sarana umum sekarang di pasang tempat cuci tangan terbukti nyata sekarang di luar negeri negeri non muslimpun pun sekarang memasang tempat cuci tangan ini inilah mengapa sekarang kita harus sadar diri bahwa gizi.

Kebersihan adalah sebuah tanggung jawab  kita manusia terhadap diri kita dan sesama manusia untuk memutus mata rantai peneyebaran  virus ini adalah juga dimulai dari diri kita semua karena usaha pemerintah   untuk memutus mata rantai virus ini harus di dukung dari PSBB, jaga jarak,  dirumah saja dan tidak berkerumun banyak orang, maka kuncinya adalah disiplin kita untuk mematuhinya juga.

Sekali lagi kita harus menjaga kebersihan diri, jaga kesehatan, jaga pola istirahat dan juga jaga diri kita dari penerita adalah sebuah realita yang ada sekarang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline