Lihat ke Halaman Asli

Alsa MandaApliant

Mahasiswa Pariwisata

Bekasi Punya Baju Adat?

Diperbarui: 18 Januari 2023   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Kompas.com

Baju adat merupakan salah satu pakaian yang bisa dijadikan sebagai identitas dari suatu wilayah. Begitu banyak macam dan jenis baju adat di Indonesia dikarenakan memang wilayah Indonesia yang memiliki lebih dari 1.000 suku bangsa. Tentunya di setiap daerah tersebut memiliki ciri khas baju adat yang berbeda-beda.

Seperti yang bisa kita lihat di judul. Wilayah Bekasi memiliki baju adat seperti yang lainnya loh. Baju adat itu sendiri berasal dari Desa Kranggan, Kel. Jatirangga, Bekasi. 

Nama dari baju adat tersebut adalah Cele, dimana ciri-ciri dari baju adat tersebut yaitu bermotif kotak-kotak warna putih dan hitam. Dalam penggunaan baju adat tersebut juga bukan orang biasa yang dapat menggunakannya, melainkan sesepuh dari Desa Kranggan itu sendiri. Sehingga, masyarakat dapat mengetahui status orang tersebut hanya melihat baju adatnya saja.

Biasanya, baju adat tersebut digunakan pada saat acara-acara adat yang rutin di selenggarakan di Desa Kranggan tersebut. Seperti sedekah bumi, babaritan, ngarak kebo bule, dan masih banyak lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline