Lihat ke Halaman Asli

Alriando Eriansyah

Mahasiswa Aktif Unviersitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Implementasi Penerapan Komunikasi Pemasaran dalam Pemasangan Plang UMKM Desa Centong, Kec. Gondang

Diperbarui: 16 Juli 2024   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Centong, UMKM Tempeh, Kec. Gondang, Mojokerto/dok. pri

Desa Cetong, Kecamatan Gondang, merupakan sebuah desa yang kaya akan aneka ragam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagaian dijadikan sebagai bahan pangan, sebagian juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Desa Centong sendiri memiliki beberapa ciri khas penjualan seperti tape ketan hitam, dan beras bramu yang menjadi ladang produsen terbesar di Desa Gondang. Permasalahan timbul ketika para produsen yang mengeluh akan hasil yang di dapat kurang maksimal, yang diakibatkan oleh kurangnya peranan komunikasi dalam pemasaran sebuah produk yang mereka tawarkan kepada konsumen, hal ini saya dapat ketika melalukan beberapa survey ke tempat umkm yang telah menjadi home industry serta menanyakan secara langsung terhadap pihak terkait dengan permasalahan apa yang menjadi kendala dari beberapa mitra yang saya temui secara bertahap dengan kurun waktu satu minggu sekali untuk mengunjungi desa dan melakukan survey kepada pihak-pihak mitra umkm yang ternyata hampir semua yang saya kunjungi memiliki permasalahan yang sama yaitu kurangnya pendapatan dalam hal pemasaran produk,

 terhambat dikarenakan para konsumen kesulitan untuk menemukan letak rumah produksi dari si produsen yang banyak di kalangan masyarakat desa centong belum terdaftar di Desa Centong, dengan hal itu saya dan teman-teman berinovasi untuk memberikan sebuah plakat plang nama umkm di daerah kediaman umkm produsen pangan di Desa Centong, yang bertujuan dan berguna untuk meningkatkan omset penjualan dari produsen dan mempermudah para konsumen yang ingin membeli sebuah produk, dalam komunikasi pemasaran sendiri hal ini menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2009) berpendapat bahwa komunikasi pemasaran merupakan sarana di mana sebuah perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung, tentang produk maupun merek yang perusahaan jual. Jadi pembuatan plakat plang jalan ini merupakan bentuk dari sebuah komunikasi pemasaran secara tidak langsung untuk meningkatkan perusahaan secara efektif dan efisien dalam prasana komunikasi guna memasarkan produk yang mereka tawarkan pada konsumen. Hal ini pokok inti dari program implementasi komunikasi pemasaran dalam penerapan plakat plang umkm Desa Centong, yang telah dilakukan pada kegiatan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya , dengan saya Alriando Eriansyah Jalasena dengan NBI 1152100316




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline