Lihat ke Halaman Asli

Kenapa Harus Ada Iklan? Berikut Penjelasannya

Diperbarui: 13 Juni 2022   08:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Saya mengambil iklan produk. Berdasarkan karakteristik komunikatornya (produsen) iklan ini dibuat dengan tujuan untuk membujuk khalayak supaya menggunakan produk mereka. Adapun tahapan dalam iklan produk diantaranya:

  1. Pioneering, yaitu tahap saat produk pertama kali diluncurkan. Dalam tahap ini tujuan iklan yang utama adalah untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak

  2. Competitive, yaitu tahapan setelah produk diluncurkan dan mulai bersaing di pasaran, dalam tahapan ini biasa iklan akan berisi keunggulan produk yang diiklankan daripada produk lainnya

  3. Reminder, yaitu tahap ketika produk sudah dikenal di pasaran dan sudah banyak digunakan oleh khalayak, maka tahap ini bertujuan untuk mengingatkan khalayak pada produk merek dan supaya khalayak tetap menggunakan produk mereka

Selain itu, adapun tujuan khusus dari iklan produk adalah :

  1. Meluncurkan sebuah brand yang benar-benar baru

  2. Meluncurkan sebuah produk baru dengan merk yang sudah ada, atau menambah lini usaha

  3. Mempromosikan perkembangan dari merk yang sudah ada

  4. Membuat orang yang belum pernah mendengar merk itu menjadi mengetahuinya

  5. Membujuk orang yang sudah mendengar merk itu tapi belum pernah mencoba agar mencobanya

  6. Membujuk orang yang sudah pernah menggunakan untuk menggunakannya Kembali

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline