Lihat ke Halaman Asli

Cokorda Agung Istri Wedawati

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta

Quora, Situs Share and Discussion yang Sedang Naik Daun

Diperbarui: 13 September 2022   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Adakah dari kalian yang suka menulis dan membagikan berita tentang hal apapun?

Kalau iya, kalian pasti tidak asing dengan situs bernama Quora. Selain karena kasus peretasan yang heboh pada tahun 2018, Quora kembali naik daun di tahun 2020-an ini. 

Ini dilihat dari data pengguna aktif Quora yang mencapai 300 juta di seluruh dunia dengan pertumbuhan pengguna 11% per tahun (Rahmadani, 2021:220). 

Walaupun Quora tergolong media sosial tetapi situs ini termasuk jenis jurnalisme online. Mengapa bukan jurnalisme multimedia? Ayo kita bahas lebih dalam mengenai jurnalisme online dan jurnalisme multimedia.

Jurnalisme Online 

Jurnalisme online merupakan aktivitas jurnalistik yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet atau online.

Sehingga jurnalisme ini memanfaatkan berbagai macam teknologi yang menunjang untuk online seperti pc, laptop, atau smartphone.

Jurnalisme online juga dapat diartikan sebagai kegiatan jurnalistik yaitu seperti memproduksi konten digital (audio, video, dan teks) yang dilakukan secara khusus untuk nantinya disalurkan atau didistribusikan melalui WWW (World Wide Web). 

Sehingga, jurnalisme online hadir tanpa dorongan untuk melakukan multimedia. Elemen-elemen multimedia bukan suatu unsur yang wajib ada dalam jurnalisme online.

Jurnalisme online memiliki dua domain (Widodo, 2020:21). Domain pertama berkisar dari situs yang berfokus pada konten editorial hingga situs berdasarkan koneksi publik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline