Pendidikan anak usia dini/TK pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Pendidikan anak usia dini/TK memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kepribadiannya. Oleh karena itu, pendidikan untuk anak usia dini khususnya TK perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan yang meliputi kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik, dan motorik. Berdasarkan hal tersebut diperlukan fasilitas yang dapat menyediakan berbagai macam pengalaman yang menyenangkan, bermakna, dan hangat seperti yang diberikan di lingkungan rumah.
Untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak-anak usia dini, kondisi lingkungan juga diharapkan dapat mendukung perkembangan anak dengan menyediakan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan, bermakna, dan hangat seperti yang diberikan oleh orang tua di lingkungan rumah. Faktor lingkungan, dalam hal ini adalah ruang kelas, hendaknya mengupayakan untuk menstimulasi, membimbing, mengaduh dan menyediakan kegiatan pembelajaran yang menghasilkan kemampuan keterampilan pada anak. Tampilan visual pada ruangan kelas pada akhirnya adalah faktor fisik yang dapat mendukung kenyamanan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.
Salah satu cara membangkitkan rasa nyaman di sekolah adalah dengan menciptakan lingkungan fisik yang bersih dan indah. Keindahan pada lingkungan fisik bisa ditampilkan dengan mengaplikasikan mural pada dinding ruang kelas. Mural merupakan sebuah lukisan yang besar yang terdapat pada dinding, namun dalam pengaplikasiannya mural tidak sama dengan karya lukis karena terdapat syarat khusus sebuah karya dapat dikatakan sebagai sebuah karya mural. Syarat tersebut yaitu berkaitan dengan arsitektur/bangunan, baik dari sisi desain (mempunyai unsur estetika), maupun usia serta perawatannya dan juga dari sisi kenyamanan dalam pengamatannya. Penempatannya pun bisa di dalam maupun di luar ruangan. Banyak penelitian yang sudah menyebutkan bahwa mural dapat memuat nilai-nilai edukasi dan memiliki pesan moral. Selain itu, mural juga dapat dijadikan sebagai media belajar sekaligus untuk mempercantik lingkungan sekitar.
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Desain Interior kampus UPN Veteran Jawa Timur peduli dengan perlunya fasilitas yang indah pada lingkungan sekolah pendidikan usia dini, dalam hal ini adalah TK Tunas Mandiri yang berlokasi di Medokan Asri Barat, Rungkut, Surabaya. Dengan mengusung tema "Sinergi Warna Ruang", Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang digawangi oleh Linda happy Anabella, Tirza Maulana Rosyid, Abrar Azizi, dan Ines Fristyarma Kaban dengan bimbingan oleh Ibu Ratna Andriani Nastiti, S.T., M.Ds. dan Ibu Aloysia Krisnawatie, S.T., M.Ds. telah menyajikan desain mural ruang kelas dengan menggunakan unsur warna yang lembut namun tetap ceria. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari proses pengecatan dasar dinding hingga pengecatan akhir.
Kegiatan mural ini memiliki tujuan untuk membantu anak-anak, khususnya peserta didik, untuk lebih memahami warna. Pemilihan warna yang digunakan dalam desain mural ruang kelas di TK Tunas Mandiri ini bertujuan untuk menampilkan suasana ruangan yang ceria dan juga menyenangkan bagi peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Hasilnya, suasana yang ditampilkan pada ruangan jadi terlihat lebih cerah dan menyenangkan. Sekolah TK Tunas Mandiri merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini untuk dapat memberikan tampilan ruangan yang indah, para peserta didik juga merasa senang dengan tampilan baru pada ruang kelas mereka.