Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Hasil Belajar Materi Zakat dengan Metode Card Sort pada Siswa Kelas V SDN Tegalsari 03 Sidareja

Diperbarui: 21 Januari 2025   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto kegiatan Siklus PTK

Pendahuluan

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter serta pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam. Salah satu materi yang diajarkan dalam PAI adalah zakat, yang mengajarkan tentang kewajiban berbagi kepada sesama. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep zakat, terutama dalam mengenali delapan golongan penerima zakat.

Metode pembelajaran yang digunakan guru menjadi faktor utama dalam meningkatkan pemahaman siswa. Selama ini, metode ceramah masih dominan, yang sering kali membuat siswa merasa bosan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan metode Card Sort, yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.

Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus di kelas V SDN Tegalsari 03 Sidareja, Cilacap, tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan.

Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Card Sort.

Hasil Penelitian

Sebelum diterapkan metode Card Sort, hanya 52% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah metode ini diterapkan dalam tiga siklus, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu:

Siklus I: 69% siswa mencapai ketuntasan belajar

Siklus II: 82% siswa mencapai ketuntasan belajar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline