Lihat ke Halaman Asli

Kabarandareels

Digital Creator

Pantai Benteng Kalianda, Wisata Alam dan Sejarah yang di Gemari Kawula Muda

Diperbarui: 2 September 2023   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Jika berbicara pesona alam, Lampung Selatan adalah salah satu diantara daerah yang kaya nan indah dengan Ragam sejarah, seni, budaya, kuliner dan wisata alam nya. Tak heran Lamsel menjadi pilihan rekreasi bagi wisatawan lokal dan luar daerah.

Pantai Benteng, terletak bersebelahan dengan pantai sanggar yakni di kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, berhasil menjadi salah satu tempat favorit bagi kawula muda untuk menikmati senja di sore hari.

Selain menyuguhkan pandangan laut yang indah, pantai ini juga menyimpan saksi sejarah penting perjuangan pahlawan kemerdekaan dalam mengusir penjajah belanda kala itu, atau lebih dikenal dengan sejarah perang 5 Jam di Kalianda.

Berkilas di masa lalu pantai tersebut merupakan tempat berlabuh nya kapal pengangkut logistik dan pasukan tentara Belanda untuk menyerang kota Kalianda. Serta di pantai itu pula terdapat benteng bangunan belanda yang masuk ke dalam tanah dan jalurnya menembus ke pusat kota Kalianda.

Para masyarakat sekitar meyakini bahwa benteng tersebut merupakan siasat licik dari tentara Belanda untuk menduduki kota Kalianda dan menaklukan pasukan pejuang kemerdekaan Indonesia saat itu.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat pengunjung lebih mendominasi para kaum muda yang ingin berfoto-foto dengan pemandangan langsung menghadap ke arah laut.

Rara dan Zalva, salah satu anak muda yang berkunjung ke pantai tersebut menuturkan bahwa, pantai ini sangat cocok untuk anak muda yang ingin bersantai sambil menikmati sore hari dengan pemandangan laut dan gunung yang indah.

"Aku baru pertama kali kesini, tempatnya masih asri dan bagus untuk santai, apalagi kalo liat sunset disini tempatnya lebih pas. Cocok lah kalo buat anak muda," Kata Rara.

Dokumen Pribadi

Dirinya juga menambahkan bahwa masih banyak yang perlu di kembangkan dalam Pantai Benteng tersebut, yakni fasilitas tempat bersantai dan masalah kebersihan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline