Lihat ke Halaman Asli

Kang Mizan

Pensiunan Peneliti Utama Kementerian Keuangan R.I. email: kangmizan53@gmail.com

Gedung Sarinah, National Heritage dan Kapitalisme Negara

Diperbarui: 12 Mei 2020   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Sarinah Baru dan Sarinah Lama. diolah dari beberapa sumber

Gedung Sarinah akan di pugar dan McDonald segera hengkang. Berita hengkang nya Mcdee ini yang viral di media massa sedangkan berita pemugaran dan prospek gedung Sarinah hanya dilansir oleh media main stream dan itu pun hanya sebatas penyampaian apa yang diucapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Warisan Nasional Gedung Sarinah

Kita sepakat bahwa Gedung Sarinah yang terletak di Jalan THamrin jakarta pusat adalah gedung pusat perbelanjaan bertingkat tinggi yang pertama di Indonesia. 

Kita juga tentunya sepakat bahwa gedung ini hasil pampasan perang dari Jepang yang sama dengan Jembatan Musi di Palembang. Dan, kita juga sepakat bahwa gedung ini merupakan proyek Presiden Indonesia pertama yaitu Ir. Soekarno.

Walaupun demikian, kita belum sepakat sisi mana dari gedung dan areal pusat perbelanjaan tertua di Indonesia yang perlu dijadikan warisan nasional atau national heritage.

Coba kita bandingkan maket Sarinah Baru dan Sarinah Lama dalam aspek tinggi dan bentuk bangunan serta aspek areal masing-masing, seperti tersaji pada gambar dibawah ini.

Gambar diatas memperlihatkan dengan jelas bahwa tidak terlihat lagi ada unsur Sarinah Lama pada Sarinah Baru. Yang menyolok adalah konsep green building pada Sarinah Baru. 

Terlihat pada maket itu lebih luas nya areal parkir luar dan areal hijau gedung Sarinah baru. Selain itu, Interior terkesan juga akan mengalami pemugaran yang cukup banyak. Tidak begitu jelas apa Sarinah Baru akan lebih jangkung dari Sarinah Lama.

Sidang Pemugaran Cagar Budaya

Menurut Ketua Tim Sidang Pemugaran DKI Jakarta Bambang Eryudhawan, rencana renovasi Gedung Sarinah perlu melalui sidang pemugaran dan pembuatan IMB. 

Lebih lanjut, Mas bambang mengatakan bahwa Gedung Sarinah masuk ke dalam usulan Tim Ahli Cagar Budaya Jakarta sebagai diduga cagar budaya sejak tahun 2016. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline