Lihat ke Halaman Asli

Almizan Ulfa

TERVERIFIKASI

Sumpah Tempe Jokowi

Diperbarui: 18 Juni 2015   05:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mahapatih Gadja Mada dulu pernah bersumpah “tidak akan makan palapa rebung sebelum Nusantara bersatu dibawa paying Majapahit.” Intuisi ogut adalah palapa rebung pada zaman Majapahit tersebut adalah menu makanan utama mulai dari kawula cilik sampai dengan hulu balang dan keluarga istana. Tidak makan palapa rebung adalah pengorbanan yang sangat ..sangat tinggi dari Mahapatih. Beliau rela berpuasa palapa rebung demi tercapainya mimpi persatuan nusantara dibawah payung Majaphit.

Mmmm…. mm… sebentar lagi Mas Jokowi dan Daeng Jusuf Kalla akan dilantik menjadi Presiden RI dan untuk itu naskah sumpah jabatan yang ada di UUD45 tentunya sudah disiapkan. Tapi, ini.. formal… sumpah jabatan yang akan dibacakan oleh siapapun yang dilantik menjadi Presiden RI. Untuk Jokowi perlu ada tambahan karena Jokowi kan orangnya yang sangat kharismatis walaupun pragmatis. Di Era Modern sekarang, menurut ogut, Presiden Joko Widodo kurang lebih sekelas dengan Dr. Mahathir Muhammad (Malaysia) dan Lee Kuan Yew (Singapura).

Untuk itu, Ogut nich mo usul disamping sumpah formal tersebut Mas Joko perlu mengangkat Sumpah Tempe “Tidak akan makan tempe sebelum tol laut nusantara selesai.” Intuisi ogut adalah tidak makan tempe akan merupakan pengorbanan yang berat bagi Beliau. Mungkin tidak makan burger, pizza, atau, kebab, yang merupakan menu favorit pemilih-pemilih pemula di perkotaan, tidak akan menjadi masalah tetapi tempe ya masalah buuuesar. Namun, pengorbanan ini seimbang dengan mimpi untuk membangun tol laut raksasa nusantara tersebut. H e he he he…

Cheers. Almizan Ulfa, Peneliti Utama Kementerian Keuangan RI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline