Lihat ke Halaman Asli

Ragam Aksi Protes Penggemar K-Pop Imbas Kolaborasi Sang Idola dengan Produk Pro Israel

Diperbarui: 31 Mei 2024   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

X @tanyakanrl

Akhir-akhir ini jagat media sosial diramaikan dengan aksi 'unfollow' dan 'block' media sosial idol K-pop sebagai wujud protes atas bungkamnya para figur publik mengenai genosida yang terjadi di Gaza, Palestina. Pasalnya, beberapa artis Negeri Ginseng itu terlihat melakukan kerja sama dengan brand-brand pro Israel pada waktu yang bersamaan dengan peristiwa memilukan tersebut

Tak bisa dipungkiri, industri K-pop semakin terkenal di seluruh dunia dan sukses menggaet atensi para penggemar. Maka dari itu, apa yang dilakukan oleh para idol K-pop tentu akan memberikan pengaruh yang besar. Salah satunya adalah kerja sama antara sang idol dengan brand untuk mempromosikan dan menaikkan penjualan produk mereka.

Sejumlah artis didapuk sebagai brand ambassador atau hanya sekadar kolaborasi dalam proyek tertentu. Merek-merek tersebut sangat beragam, mulai dari jenama lokal Korea hingga luxury brand yang sudah memiliki nama di kancah internasional.

Kendati begitu, saat ini gerakan boikot terhadap produk-produk terafiliasi Israel terus digencarkan akibat kejahatan yang dilakukan Israel kepada Palestina. Tak terkecuali para penggemar artis K-pop yang turut mendukung kampanye boikot tersebut.

Tuai kecaman dari berbagai fandom K-pop

Berdasarkan postingan @tanyakanrl dan @starfess di platform X (29 Mei 2024), grup K-pop yang berkolaborasi dengan merek terafiliasi Israel, antara lain NCT, IVE, NewJeans, artis agensi JYP Entertainment (ITZY, Stray Kidz, NMIXX), dan BABYMONSTER. Hal ini pun menuai kekecewaan dari para penggemar.

X

Selain mengajak sesama penggemar K-pop untuk melakukan 'unfollow' dan 'block' massal, masing-masing fandom atau kumpulan penggemar turut melayangkan protes kepada agensi yang menaungi idola mereka.

Penggemar NCT (NCTZen dan WayZenNi) meminta kepada SM Entertainment agar membatalkan kolaborasi NCT dengan produk-produk yang membiayai genosida di Palestina.

Terhitung sejak 30 Mei 2024 hingga hari ini (31 Mei 2024), protes ini mendapat respon dari tiga personil, yakni Taeyong, Winwin, dan Renjun. Taeyong dan Renjun mem-posting terkait boikot melalui story Instagram, sedangkan Winwin membagikan dukungannya untuk Palestina dengan mencantumkan emoji semangka di bagian caption.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline