Lihat ke Halaman Asli

Almira Annisa Nur Kartika

Universitas Negeri Malang

Kolaboratif Kreatif: Program Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang di SMK Islam Batu dengan EPIC Festival sebagai Puncak Kegiatan

Diperbarui: 6 Juni 2024   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi 

 

Asistensi mengajar di satuan pendidikan merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Negeri Malang sehingga mahasiswa Universitas Negeri Malang dapat melaksanakan kegiatan belajar disatuan pendidikan di berbagai tingkat pendidikan mulai dari SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA selama satu semester penuh dengan mengkonversikan 20 SKS yang termasuk beberapa mata kuliah seperti PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) dan KKN (Kuliah Kerja Nyata). 

Dalam kegiatan ini mahasiswa secara langsung dalam kegiatan dalam mengembangkan sekolah mulai dari bidang akademik, non – akademik, maupun kegiatan administrasi. 

 

SMK ISLAM BATU

Kami mahasiswa Universitas Negeri Malang memilih SMK Islam Batu yang beralamatkan di Jl. Barat Stadion Kota Wisata Batu. SMK Islam Batu yang memiliki 2 program studi yaitu Bisnis Manajemen dan Teknologi Informasi Komunikasi. Dari dua program studi tersebut terdapat 4 jurusan. 

Untuk studi Bisnis Manajemen terdapat jurusan Akuntansi (AK) dan Pemasaran (Marketing). Sedangkan untuk Teknologi Informasi Komunikasi terdapat jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Untuk saat ini, jurusan Akuntansi (AK), Pemasaran (Marketing), dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) telah terakreditasi A.

Mahasiswa Universitas Negeri Malang terdapat beberapa departemen termasuk Pendidikan Tata Niaga. Sebelum melakasanakan Asistensi Mengajar di SMK Islam Batu, mahasiswa melakukan obervasi di minggu pertama dengan tujuan untuk lebih mengenal lingkungan sekolah, selanjutnya yaitu mengatur kegiatan pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Program ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai dari 20 Februari hingga 14 Juni 2024. 

Mahasiswa Asistensi Mengajar ikut berkontribusi dalam kegiatan akdemik yaitu kegiatan pembelajaran di dalam kelas dimana pembagian kelas sudah dibagi sesuai dengan mata pelajaran yang telah didiskusikan dengan guru pamong untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar didalam kelas, informasi mengenai kompetensi apa saja yang harus diajarkan, dan menyusun perangkat pembelajaran.

 

Dokumentasi Pribadi

Untuk kegiatan non akademik didalam sekolah dapat berbagai macam aktivitas yang tidak termasuk ke dalam kurikulum formal tetapi penting untuk dilaksanakan sehingga dapat memberikan manfaat untuk pengembangan diri siswa. Kegiatan di SMK Islam Batu yang dilaksanakan oleh mahasiswa Asistensi Mengajar yaitu piket harian, piket keterlambatan, piket menjaga PPDB, kegiatan Pondok Ramadhan, membina kegiatan ekstrakulikuler serta pelaksanaan program kerja dari mahasiswa Asistensi Mengajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline