Lihat ke Halaman Asli

almersavero

Mahasiswa

Analisis peran kepribadian dalam meningkatkan niat berwirausahaan terhadap mahasiswa ekonomi Universitas Airlangga

Diperbarui: 15 Januari 2025   03:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

 

H1 Kepribadian berperan positif terhadap teori behavior dalam meningkatkan niat berwirausaha mahasiswa Pendidikan ekonomi Universitas Airlangga 

Untuk mengembangkan budaya kewirausahaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi, niat kewirausahaan sangat penting, terutama di kalangan mahasiswa pendidikan tinggi (Huang & Kee, 2024). Di kalangan akademisi niat berwirausaha di anggap sebagai predictor terbaik untuk perilaku berwirausaha falam teori behavior memiliki peran memediasi anatara kepribadiaan mahasiswa, Pendidikan ekonomi , peluang berwirausaha dan niat berwirausha (Ng et al., 2024)  Dalam konteks ini kepribadian yang tinggi di butuhkan untuk mengambil resiko dan beriroentasi pada tujuan agar memiliki niat berwirausaha yang lebih tinggi (Ncokazi & Mpiti, 2023)  Kepribadian memengaruhi kemampuan seseorang dalam membuat keputusan dan bertindak sesuai niat berwirausaha dalam teori behavior.

 

H2 Pendidikan Ekonomi berperan positif terhadap teori behavior dalam niat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Airlangga

Pendidikan ekonomi berperan penting dalam menyiapkan orang dengan keterampilan dan pemikiran yang diperlukan untuk bisnis kewirausahaan. Penelitian ini meneliti bagaimana ciri-ciri kewirausahaan dan pendidikan ekonomi memengaruhi minat mahasiswa bisnis untuk menjadi wirausaha ini menunjukkan pengaruh kuat dari orientasi keberlanjutan terhadap hubungan antara niat kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, dan inovasi (Chowdhury et al., 2024). tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan peran pendidikan ekonomi dan model Teori Perilaku Terencana untuk menyelidiki pendorong niat berwirausaha berkelanjutan (Aeni et al., 2024) (berorientasi lingkungan dan sosial) di kalangan mahasiswa

Dalam konteks ini Pendidikan Ekonomi yang diberikan kepada generasi milenial sangatlah penting agar mereka dapat menjadi wirausahawan yang kompetitif. Pendidikan ini fokus pada kemampuan berpikir kreatif, ide baru, dan keterampilan bisnis yang bisa langsung diterapkan (Hasyim et al.,

2023)

 

H3 Perceived behavioural control berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Airlangga

Menurut Teori Perilaku Terencana (TPB), penelitian bertujuan untuk menyelidiki niat mahasiswa dalam berwirausaha.Sikap positif terhadap hasil kewirausahaan sangat memengaruhi niat mahasiswa untuk terlibat dalam kewirausahaan. Persepsi dan harapan positif terhadap kewirausahaan dapat meningkatkan kecenderungan untuk menjadi seorang pengusaha. Kontrol perilaku yang dirasakan juga mempengaruhi peningkatan efikasi diri dan kesadaran mahasiswa terhadap sumber daya yang dapat diakses. Hal ini penting untuk meningkatkan niat kewirausahaan.(Dong & Chang, 2024)  Perilaku mahasiswa dalam berwirausaha dipengaruhi positif oleh kontrol perilaku yang mereka rasakan dan niat untuk berwirausaha. Dalam situasi mediasi, keinginan untuk berwirausaha berpengaruh secara positif pada hubungan antara norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan perilaku berwirausaha.(Ghumman et al., 2021) Pola pikir dalam teori behavior ini membantu dalam mengembangkan sikap positif terhadap kewirausahaan, sementara kepribadian dan atribut kewirausahaan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Dengan sikap yang positif terhadap berwirausaha dan keyakinan pada diri sendiri, langkah-langkah tersebut dapat membantu mahasiswa mengatasi hambatan psikologis, terutama ketakutan akan risiko (Rasool et al., 2021)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline