Lihat ke Halaman Asli

Alma Aninditha Zalianty

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta angkatan 2021

Strategi Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan Brand Emina

Diperbarui: 19 April 2023   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : eminacosmetics.com

Emina merupakan salah satu brand kosmetika lokal yang baru diluncurkan di pasaran Indonesia pada tahun 2015 oleh PT Paragon Technology and Innovation dengan konsep image fun dan playful serta remaja perempuan yang menjadi target marketnya. Kini Emina luncurkan tagline terbarunya yaitu “Auteentic Beauty”. Melalui tagline barunya, Emina akan selalu untuk menemani dan mendukung seluruh remaja Indonesia dalam menemukan jati dirinya serta menemukan potensi terbaiknya masing-masing.

Segmenting, Targeting, dan Positioning dari Brand Emina yaitu :

  • Pada Segmentasi Geografi, Emina memiliki produk yang sudah disesuaikan dengan kulit orang Indonesia. Pada Segmentasi Demografi, Emina memang sebuah brand kosmetika lokal yang berfokus untuk para remaja perempuan. Tetapi bukan berarti produk Emina tidak bisa digunakan oleh laki-laki, masih ada beberapa produk yang bisa digunakan seperti Emina Sun Protection untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Pada Segmentasi Perilaku, yang termasuk kedalam kategori pengguna berat yaitu remaja masa kini yang menggunakan produk Emina untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya ketika bepergian. Harga produk Emina juga sangat terjangkau untun mempertahankan keloyalitasan konsumennya. Pada Segmentasi psikografis, Emina sering melakukan wawancara langsung dengan konsumennya, hal ini merupakan salah satu yang membuat Emina semakin diminati para remaja.
  • Pada Targeting, seperti yang diketahui bahwa remaja kelas menengah kebawah yang baru memulai belajar make up atau hanya sekedar mencoba hal baru adalah target pasar utama dari Brand Produk Lokal Emina.
  • Pada Positioning, dengan tagline barunya “Auteentic Beauty” Emina menyampaikan pesan positifnya untuk para remaja Indonesia dalam menemukan jati diri, serta menjadi inspirasi untuk kita semua untuk terus meningkatkan potensi diri dan menjadi versi terbaik diri kita.

SWOT dari Brand Emina :

  • Strengths (Kekuatan) : Produk yang bervariatif, Desain menarik, Harga produk yang terjangkau untuk kalangan remaja.
  • Weaknesses (Kelemahan) : Offline store yang belum sepenuhnya tersedia di seluruh Indonesia.
  • Opportunities (Peluang) : Mendapatkan banyak komentar positif dari beauty vlogger/blogger maupun selebgram popular di Indonesia.
  • Threats (Ancaman) : Banyaknya saingan produk kosmetika lokal yang ada di Indonesia ataupun produk impor dari luar.

Keunggulan dari Emina terutama yaitu kandungan yang terdapat pada produk ini sangat ringan formulanya, sehingga untuk remaja tidak perlu khawatir jika akan memakai atau menggunakannya. Selain dari kandungannya, varian dari produk Emina juga cukup lengkap dan desain dari produknya sangat simple serta elegant.

Ditengah persaingan pasar dalam bidang kosmetik yang semakin ketat saat ini, Emina terus melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai macam produk yang inovatif seperti Cheeklit Cream Blush, Emina Bare With Me Mineral Loose Powder, Emina Chic CC Cream, Clay Mask, sampai Skincare dan masih banyak lagi produk terbarunya.

Emina Cosmetics memanfaatkan Instagram sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran, dengan menggunakan micro influencer yang tergabung dalam sebuah program yang mereka buat dengan nama “Emina Girl Gang Ambassador”. Emina Girl Gang Ambassador merupakan remaja yang terpilih setelah melakukan proses seleksi sebagai ambassador atau perwakilan dari tiap sekolah atau kampus sebagai penghubung antara sekolah masing-masing dengan Emina Cosmetics dan berperan sebagai influencer untuk memperkenalkan produk-produk Emina Cosmetics sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness.

Strategi Komunikasi Pemasaran lainnya yang dilakukan Emina yaitu melalui special event dengan menyelenggarakan beauty class serta mengikuti ajang pameran kecantikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Brand Emina. Salah satu special event tambahan yang diselenggarakan Emina untuk tetap eksis di pasar nasional adalah dengan membuat special eventBeauty Bestie Garage Sale”. Special event ini ditempuh oleh Emina sebagai salah satu strategi tambahan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek Emina hingga akhirnya masyarakat semakin mengenal dan akhirnya memilih Emina sebagai merek kosmetik pilihan mereka.

YouTube Ads juga sangat efektif untuk mencapai objektif komunikasi pemasaran dari suatu brand karena pemasang iklan dapat menentukan target audiensnya sendiri secara spesifik berdasarkan kategori usia, jenis kelamin, wilayah geografis, dan juga interest dari audiens. Sistem algoritma YouTube Ads menjadikan kampanye iklan #EminaBeautyBestie dapat menerpa audiens yang sesuai dengan target konsumen Emina, yaitu perempuan di Indonesia berusia 15-25 tahun, dan memiliki ketertarikan terhadap kecantikan. Ketertarikan (interest) ini dilihat berdasarkan kategori konten yang mereka tonton di YouTube, seperti beauty vlog, review produk kecantikan, atau berdasarkan keyword yang mereka telusuri pada situs pencarian Google.

Berdasarkan uraian diatas, saran untuk Brand Emina dalam strategi komunikasi pemasaran harus semakin ditingkatkan dengan berbagai cara yang kreatif agar Brand Emina tidak mudah dilupakan oleh para konsumen, khususnya di kalangan remaja yang menjadi target pasarnya. Terutama pada saat melakukan promosi pada event-event yang biasa diselenggarakan oleh Sekolah hingga Kampus yang membuat produknya semakin dikenal dikalangan remaja masa kini. Emina juga tetap harus mempertahankan desain dan packaging seunik mungkin untuk menarik konsumen serta memberikan pandangan positif terhadap produknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline