Lihat ke Halaman Asli

Almas Taqiyya

https://medium.com/@almas.taqiyya

Psikologi dan Marketing Ala Kpop: Idola dan Penggemar Memang Saling Membutuhkan

Diperbarui: 31 Juli 2024   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Boy group asal Korea Selatan, BTS (Sumber: ara.cat)

Dunia gemerlap idola Korea Selatan memang tiada habisnya untuk ditelaah. Kalau diumpamakan sebagai bawang, tiap lapisan dunia Kpop (Korean Pop) bisa dikupas satu-satu dengan tampilan sisi yang berbeda satu sama lain.

Korea Selatan memang sudah jauh-jauh waktu gencar melakukan difusi budaya ke seluruh penjuru dunia lewat berbagai taktik. Tengok saja sejumlah stasiun penyiaran Korea Selatan yang membuka 'cabang' di negara lain dan melakukan akulturasi budaya dengan negara tempatnya menaruh 'cabang'. 

Kini, budaya Korea Selatan dapat diterima dengan baik, bahkan seakan sudah menjadi bagian hidup oleh segelintir kelompok masyarakat.

Menjamurnya budaya Korea Selatan, khususnya Kpop ke seluruh dunia dapat menjadi parameter bahwa Negeri Ginseng itu berhasil mengiklankan budayanya dengan baik.  Lagu-lagu berbahasa Korea seakan menjadi konsumsi wajib pecinta boy group dan girl group Korea Selatan. 

Sejumlah lagunya pun ada yang berhasil tembus music chart internasional, mengindikasikan bahwa musik Kpop didengarkan banyak orang. Belum lagi, beberapa grup Kpop juga sudah terkenal mancanegara dengan penggemar skala internasional.

Namun ternyata, tidak seluruh boy group ataupun girl group dari Korea Selatan mempunyai pencapaian yang sama. Beberapa sukses membangun nama baik dalam hitungan tahun, beberapa membutuhkan waktu yang lebih lama, beberapa ada yang bubar walau baru seumur jagung.

Lantas, apa faktor yang menentukan keberhasilan suatu grup Kpop?  

Chart sebagai Parameter

Membicarakan kesuksesan, salah satu parameter kuantitatif apakah lagu Kpop sukses di pasaran adalah chart atau tangga lagu. Semakin tinggi sebuah lagu bertengger di chart, maka bisa dipastikan lagu itu banyak didengar oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Dewasa ini, banyak musik grup Kpop yang berhasil menduduki chart internasional bergengsi seperti Billboard atau Worldwide iTunes Song Chart. Sebut saja grup Kpop BTS yang berhasil menduduki peringkat pertama pada chart Billboard Hot100, begitu pula grup Blackpink dengan peringkat pertamanya pada Billboard Artist 100 Chart.

Andaikan kita bekerja sebagai promotor budaya Korea Selatan, mungkin kita bisa menghela napas puas sejenak dan berpikir, 'hah, untung Kpop sudah terkenal dimana-mana. Pekerjaanku sudah selesai sampai disini'.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline