Lihat ke Halaman Asli

Almas Kamila

Mahasiswa Program Studi Komunikasi | Sekolah Vokasi IPB University

Pendampingan Orangtua dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring

Diperbarui: 24 Maret 2021   01:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran dengan metode online mengharuskan peserta didik  belajar dirumah, guna memutus penyebaran covid-19. Metode daring (dalam jaringan) sangat diperlukan peserta didik dalam melanjutkan pembelajaran yang dilaksanakan disekolah, namun dialihkan menjadi pembelajaran dirumah akibat covid-19. Pembelajaran daring cukup sulit dalam penyampaian informasi materi yang disampaikan guru terhadap peserta didik. Dengan melakukan perpindahan metode pembelajaran yang sebelumnya dilaukan secara tatap muka namun saat ini dilakukan secara daring (dalam jaringan). Tidak sedikit dari peserta didik yang merasa banyak tekanan dalam proses pembelajaran secara daring.

Kegiatan daring perlu ditinjau kembali dalam efektifitas pembelajaran. Selain peserta didik tidak memiliki handphone yang menunjang, minimnya kuota internet. Jaringan yang tidak stabil menjadi faktor tidak efektifnya proses daring. Selain itu, metode pembelajaran daring banyak membuat siswa-siswi mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam pembelajaran pentingnya peran orang tua menemani peserta didik melaksanakan kegiatan daring.

Diharapkan peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dalam proses daring. Selain itu, peran orang tua dalam membimbing dan menguatkan mental anak selama dirumah saja. Peserta didik harus memiliki minat dan semangat yang tinggi dalam belajar walaupun di masa pandemi dengan belajar dirumah melalui metode pembelajaran daring. Dalam pendampingannya, orang tua bisa melakukan berbagai macam kegiatan bersama anak-anak dirumah.

Proses pembelajaran daring saat ini semakin inovatif dalam meningkatkan kreatifitas peserta didik. Penugasan membuat vidio masak yang mengasah kreatifitas peserta didik secara langsung. Selain itu, tugas menanam pohon dirumah, peserta didik memahami proses penanaman serta perawatan pohon. Orang tua tentu mendampingi dalam pengerjaan tugas sekolah, menggunakan metode yang menarik dan tidak monoton. Dengan tampilan pembelajaran melalui video, gambar yang sudah disampaikan oleh guru.

Tujuannya agar pendidikan tetap bermutu ditengah kondisi pandemi covid-19. Dengan demikian, keberhasilan pembelajaran online akan lebih efektif melalui hal-hal menarik yang mengasah minat bakat peserta didik. Bersama guru, peserta didik dan orang tua yang turut andil dalam bekerjasama mencapai hasil pembelajaran daring yang lebih baik, walaupun ditengah masa pandemi Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline