Lihat ke Halaman Asli

Alma Delvia

Mahasiswi pejuang semester akhir :)

Hobi Menghasilkan Uang

Diperbarui: 15 November 2021   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman saya dalam budidaya ikan manfish atau angel fish. Ikan manfish adalah ikan jenis air tawar yang mana proses budidayanya harus menemukan pasangannya. adapun langkah langkahnya sebagai berikut:

Pertama tama adalah memasangkan atau menemukan pasangan manfish yang akan kita budidayakan dengan cara menaruh satu pejantan dan satu betina kedalam satu wadah/bak hitam yang berukuran sedang atau bisa dengan menaruh beberapa manfish dalam satu kolem dan memperhatikan bila ada dua ekor yang selalu beriringan. 

Pada umumnya pejantan memiliki ciri ukuran tubuh yang lebih besar dari betinanya dan memiliki dahi yg lebih menonjol serta cendrung memiliki tubuh yang berbentuk huruf U sedangkan yang betina cendrung memilliki bentuk tubuh seperti huruf V jika kita perhatikan dari kepala sampai tubuhnya.

Kedua adalah memberikan pakan yang berprotein untuk memperbanyak dan memperkuat telur dengan pakan jentik nyamuk, kutu air, plangton atau cacing sutra diutamakan pakan hidup.

Ketiga adalah setelah telur menempel pada dinding bak dan dibuahi oleh pejantan, biarkan sampai telur menetas. indukan manfish boleh diberi pakan ketika menjaga telurnya dengan sedikit pakan saja atau boleh juga dengan tidak memberinya pakan sampai burayak menetas.

Keempat adalah jika burayak sudah bisa berenang dan tidak menempel lagi didinding bak maka tunggu sampai 2/3 hari sampai burayak benar benar mandiri berenang maka tuangkan bak burayak kedalam kolam pembesaran dengan pakan kutu air yang sudah disaring. perlu diingat pakan awal pada burayak manfish menentukan hidup atau tidaknya burayak tersebut. adapun pemberian pakan bisa diberikan 2 kali sehari pagi dan sore.

Okee, sekian tips dari saya tentang bagaimana cara menelerukan ikan mamfish.

Semoga bisa membantu dan membangun hobi baru dimasa pandemi ini yaa hehehe ...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline